Home / Artikel / Healthy / Mengapa Sarapan itu Sangat Penting?

Mengapa Sarapan itu Sangat Penting?


Mengapa Sarapan itu Sangat Penting?

Dalam pagi yang sibuk atau pagi yang terlalu terburu-buru, sering kita melupakan sarapan, atau meletakkan sarapan di daftar prioritas kita yang paling rendah. Kita akan merasa tidak memiliki banyak waktu untuk duduk dan makan sesuatu. Padahal, makan sesuatu di pagi hari akan membuat tubuh kita merasa lebih baik nantinya. Jika kamu tidak punya waktu untuk makan sebelum meninggalkan rumah, kamu mungkin bisa mengambil buah atau roti dan memakan mereka di perjalanan menuju sekolah atau kantor. Yang penting, jangan lupa untuk selalu sarapan setiap hari, karena sarapan memberikan banyak manfaat untuk kesehatan kita.

Sarapan berfungsi sebagai bahan bakar, seperti bensin pada kendaraan

Sarapan merupakan bahan bakar pertama yang harus dimiliki oleh tubuh sebelum memulai aktivitas. Sarapan berfungsi seperti bensin pada kendaraan, dimana jika tidak ada bensin, maka kendaraan tidak akan berjalan. Demikian pula tubuh kita. Jika kita tidak sarapan, kita akan kehilangan kemampuan untuk menjalani hari. Mungkin kita akan merasa lemas dan tidak tenang karena perut sedang keroncongan.

Sarapan memberi nutrisi untuk memulai hari

sarapan pagi akan memberikan sumber nutrisi yang penting bagi tubuh seperti kalsium, zat besi, vitamin-vitamin, serat, lemak, serta protein (tergantung dari makanan apa yang kita makan ketika sarapan). Tubuh membutuhkan nutrisi penting itu. Buah dan sayuran merupakan sumber yang baik dari vitamin dan mineral sehingga memasukkan mereka sebagai menu sarapan akan sangat baik. Jika kita tidak bisa memasak mereka sebagai makanan karena waktu yang padat, kita bisa memakan mereka sebagai buah atau menjadikan mereka sebagai jus.

Sarapan baik untuk menjaga berat badan tetap ideal

Mungkin bagi kita sarapan itu salah satu penyebab naiknya berat badan. Padahal salah satu penelitian menunjukkan bahwa mereka yang sarapan setiap pagi cenderung cenderung berada dalam kisaran berat badan ideal mereka dibandingkan dengan mereka yang tidak sarapan setiap pagi. Jika kamu melewatkan sarapan, kamu akan lebih mungkin untuk makan camilan yang tidak sehat. Dan camilan-camilan itu akan membuat gula darah tidak terkontrol. Juka malah menimbun lemak yang tidak baik untuk metabolisme tubuh.

Fungsi kognitif

Sarapan juga mengembalikan kadar glukosa. Glukosa merupakan sebuah karbohidrat penting yang dibutuhkan bagi otak untuk tetap bekerja secara maksimal. Sarapan dapat meningkatkan tingkat memori dan konsentrasi dan juga dapat membuat kita lebih bahagia. Sarapan dapat meningkatkan mood dan menurunkan tingkat stres. Dalam sebuah studi, anak-anak yang sarapan dapat meningkatkan nilai mereka di sekolah daripada mereka yang tidak sarapan.

Kesehatan jangka panjang

Sarapan pagi bermanfaat pada kesehatan jangka panjang manusia. Sarapan dapat membantu mengurangi obesitas, mengurangi tekanan darah tinggi, mengurangi resiko penyakit jantung, dan juga penyakit diabetes (asalkan makanan yang dimakan sewaktu sarapan baik bagi penderita diabetes). Orang yang selalu sarapan setiap pagi memiliki kesempatan yang lebih besar untuk memiliki kesehatan jangka panjang yang baik.

Harmonisasi keluarga

Sarapan memberikan kesempatan yang sangat baik untuk makan bersama anggota keluarga yang lain. Membangun kebiasaan sarapan pagi sejak kecil akan membuat anak-anak lebih  mampu menghargai keluarganya. Dan kebiasaan sarapan sejak anak-anak masih kecil akan mengajarkan mereka cara berkomunikasi dengan keluarganya di masa depan ketika mereka sudah dewasa.

 

Sumber: vebma.com



Artikel Terbaruartikel terbaru lainnya

Ini Keuntungan Minum Susu Cokelat Usai Olahraga

access_time 16 Juli 2018 11:13:19 folder_open 15

Tips Jitu Bikin Konten yang Viral di Medsos

access_time 05 Juli 2018 22:39:57 folder_open 40

Makin Banyak Anak, Benarkah Gigi Ibu Jadi Lebih Sedikit?

access_time 13 Juni 2018 12:26:13 folder_open 73




Login disini untuk memberikan komentar

 

comment0 Responses
  1. Belum ada komentar

menu
menu