Home / Artikel / Healthy / Kelebihan Olahraga Membuat Cepat Mati

Kelebihan Olahraga Membuat Cepat Mati


Kelebihan Olahraga Membuat Cepat Mati

Olahraga adalah aktifitas yang dapat membuat kita menjadi lebih sehat dan bugar. Tapi ternyata olahraga yang berlebihan bisa membuat penuaan dini yang mengakibatkan kematian lo. Berikut adalah penjelaan ilmiahnya dari Frazziano, seorang peneliti di American Journal of Physiology.

Dilansir dari ajpheart.physiology.org (30/05/2017), latihan fisik atau olahraga memang baik bagi kesehatan, hal tersebut dikarenakan olahraga akan menghasilkan enzim yang dapat menghancurkan radikal bebas (H2O2), enzim disebut katalase. enzim ini menghancurkan radikal bebas dengan cara mengubahnya menjadi air atau H2O.

Image: http://ajpheart.physiology.org...

Dari jurnal tersebut menjelaskan bahwa proses tersebut hanya terjadi jika olahraga yang dilakukan adalah dengan intensitas sedang dengan dosis yang tepat. Berbeda halya jika olahraga tersebut dilakukan berlebihan dan berlebihan. Tubuh akan menghasilkan reactive oxygen species atau ROS yang merupakan radikal bebeas dalam tubuh. ROS ini adalah limbah hasil pengolahan metabolisme energi yang ada dalam tubuh. Frazziano menambahkan, olahraga yang berlebih akan membuat tubuh mengeluarkan panas. Ibaratkan sebuah mesin motor, mesn akan panas jika dipacu dengan kencang, namun jika motor tetap dipaksakan untuk melaju tanpa istirahat akan membuat umur mesin motor tidak akan lama. Panas yang berlebih dalam tubuh akan menyebabkan kerusakan pada sel.

Menurut teori dari situs rfsafe.com (30/05/2017), akumulasi panas dan ROS dalam tubuh akan merusak tubuh dengan cara menghancurkan skruktur DNA yang ada di mitokondiria. Bagian sel inilah yang bertugas untuk gegenerasi sel, sehingga apabila mitokondria yang terdapat DNA mengalami masalah atau kehancuran akan mengakibatkan orang tersebut mengalami penuaan dini karena regenerasi selnya mengalami penghambat.

Image: https://www.rfsafe.com/scienti...

Maka dari itu secara fisik orang yang kecanduan berolahraga tampak terlihat lebih tua dibandingkan dengan yang tidak. Namun secara teori itu hanya berlaku bagi seseorang yang kecanduan atau melakukan olahraga secara berlebih. Kerna olahraga dengan dosis yang tepat seharusnya akan membuat tubuh kita sehat, bukan malah menghancurkan.

 

Sumber: vebma.com







Login disini untuk memberikan komentar

 

comment0 Responses
  1. Belum ada komentar

menu
menu