Home / Artikel / Relationship / Perlu Tahu, Inilah Tindakan Yang Termasuk Dalam KDRT

Perlu Tahu, Inilah Tindakan Yang Termasuk Dalam KDRT


Perlu Tahu, Inilah Tindakan Yang Termasuk Dalam KDRT

Belakangan ini seringkali kita mendengar berita mengenai Kekerasan Dalam Rumah Tangga (KDRT). Dan pada umumnya pelaku KDRT berasal dari suami terhadap sang istri. Suami yang seharusnya melindungi istri dan anak – anaknya, seringkali malah membuat istrinya menderita dengan kekerasan yang diperbuat.

Menyatukan 2 prinsip hidup antara suami dan istri memang bukanlah hal yang mudah. Maka, bukan hal yang mustahil jika antara suami dan istri seringkali terjadi perbedaan pendapat. Dan sayangnya, perbedaan pendapat ini malah seringkali berakhir dengan KDRT terhadap kaum perempuan. Karena KDRT ini, maka seringkali terjadi perceraian yang mengakibatkan hubungan suami dan istri harus berakhir. Lalu tindakan atau perlakuan seperti apa saja yang termasuk dalam kategori KDRT?, berikut ulasanya.

  1. Kekerasan fisik. Semua tentu setuju jika kekerasan fisik adalah hal yang paling identik dengan KDRT. Kekerasan fisik yang dimaksud adalah perbuatan yang mengakibatkan rasa sakit, jatuh sakit atau luka berat. Jika pasangan kamu melakukan tindakan kekerasan fisik, maka ia sudah melanggar UU No 23 tahun 2004 tersebut dan anda bisa melaporkanya terhadap pihak yang berwajib.
  2. Kekerasan psikis. Yang termasuk dalam kekerasan psikis adalah tindakan yang mengakibatkan ketakutan, hilangnya rasa percaya diri, hilangnya kemampuan untuk bertindak, rasa tidak berdaya dan mengakibatkan penderitaan psikis pada pasangan. Ini tentu akan sangat berdampak terhadap sang istri, dan tentunya dampak tersebut adalah hal yang sangat tidak baik.
  3. Kekerasan seksual. Memaksakan hubungan seksual terhadap pasangan, padahal sang istri sedang tidak mood atau tidak selera juga termasuk dari tindakan KDRT. Pemaksaan hubungan seksual terhadap salah seorang dalam lingkup rumah tangganya dengan orang lain untuk tujuan komersial dan/atau tujuan tertentu.
  4. Penelantaran rumah tangga. Penelataran rumah tangga ini yang dimaksud adalah menelatarkan padahal secara hukum ia memiliki kewajiban untuk merawat dan memelihara. Tidak hanya itu KDRT juga berlaku saat membuat seseorang berada di bawah kendalinya dengan cara membatasi untuk bekerja dengan layak di luar rumah.

Itulah tadi beberapa tindakan yang termasuk dalam kategori KDRT. Ada baiknya para wanita sebagai istri, memahami hal tersebut, agar terhindar dari perlakuan KDRT, dan anda bisa menindaklanjuti jika suatu saat anda terpaksa harus mengalami KDRT dari suami anda.

 

Sumber: vebma.com



Artikel Terbaruartikel terbaru lainnya

Sakit Tengorokan? Racik 5 Minuman Herbal Ini untuk Mengatasinya

access_time 08 Agustus 2018 09:18:26 folder_open 124

Peegasm, Kenikmatan Setelah Menahan Pipis yang Ternyata Berbahaya

access_time 08 Agustus 2018 09:06:09 folder_open 223

Habis Makan Siang Jangan Langsung Tidur, 4 Hal Ini Mengintai

access_time 06 Agustus 2018 12:35:15 folder_open 175




Login disini untuk memberikan komentar

 

comment0 Responses
  1. Belum ada komentar

menu
menu