Home / Artikel / Hewan dan Tumbuhan / Gila! Penyelam Ini Membahayakan Nyawanya Demi Menyentuh Hiu Putih Besar

Gila! Penyelam Ini Membahayakan Nyawanya Demi Menyentuh Hiu Putih Besar


Gila! Penyelam Ini Membahayakan Nyawanya Demi Menyentuh Hiu Putih Besar

Sebuah foto dari seorang penyelam yang mencoba untuk menjangkau ke luar dive cage dan menyentuh hidung The Great White Shark di lepas pantai Guadalupe Island, Meksiko, saat ini tengah beredar secara online di berbagai media. Sementara foto tersebut tidak diragukan lagi sangat eye-catching, para ahli mengingatkan bahwa tindakan ini adalah ide yang benar-benar bodoh.

Pertama, dalam situasi yang tidak terduga, bermain-main dengan hiu putih besar seberat 2.268 kilogram (5.000 pon) sangatlah berbahaya. Tidak hanya predator puncak ini sangat kuat dan cepat, perilaku mereka juga sangat sulit untuk diantisipasi, bahkan jika anda seorang ahli.

Itulah mengapa, semua perusahaan yang memproduksi dive cage  selalu menegakkan aturan yang ketat untuk memastikan bahwa si penyelam tetap menjaga tubuh dan kamera mereka di dalam kandang hiu. Hal ini bertujuan untuk melindungi penyelam, sama halnya dengan melindungi hiu itu sendiri.

"Hewan itu bisa terjepit di dalam atau terluka karena menyeruduk kandang," ujar seorang pakar biologi hiu Dr. Austin Gallagher, kepada Earth Touch News. "Tidak seorang pun yang boleh meniru tindakan ini. Ini adalah salah satu tindakan berinteraksi dengan hiu yang paling bodoh dan paling berbahaya yang pernah saya lihat. Tindakan seperti ini, yang seolah-olah berani, telah menjadikan seluruh industri kelautan dalam risiko dan saya harap mereka yang terlibat dituntut oleh pejabat Meksiko."

Meskipun kebanyakan orang me-repost foto-foto ini dengan baik, atau tidak berniat macam-macam, namun men-share-nya juga menjadi perhatian bagi beberapa peneliti hiu.

Foto-foto seperti ini bagai pedang bermata dua. Sementara mungkin awalnya mereka berniat untuk menghimpun perhatian serta minat dalam upaya konservasi dan perlindungan hiu, namun hal ini justru berpotensi merusak reputasi mereka yang memang sudah tercoreng.

Berbicara ke Earth Touch News, pakar biologi hiu Dr. Christopher Lowe menjelaskan, "Ketika rekaman seperti ini keluar, maka hal ini dapat memicu perhatian dan mendorong lebih banyak orang untuk melakukannya. Seperti pepatah lama mengatakan: 'Semua tindakan dan permainan ini menyenangkan sampai seseorang mendapati lengannya hilang karena digigit!' Mungkin pemuda selanjutnya yang ingin mencobanya tidak akan seberuntung saat ini, dan jika insiden seperti itu sampai terjadi, mungkin akan mengakhiri kegiatan mereka."

 

Sumber: bagikertas.blogspot.co.id



Artikel Terbaruartikel terbaru lainnya

Ini Keuntungan Minum Susu Cokelat Usai Olahraga

access_time 16 Juli 2018 11:13:19 folder_open 15

Tips Jitu Bikin Konten yang Viral di Medsos

access_time 05 Juli 2018 22:39:57 folder_open 38

Makin Banyak Anak, Benarkah Gigi Ibu Jadi Lebih Sedikit?

access_time 13 Juni 2018 12:26:13 folder_open 73




Login disini untuk memberikan komentar

 

comment0 Responses
  1. Belum ada komentar

menu
menu