Home / Artikel / Economics / Mau Jadi Pemasar Sukses? Miliki 7 Skill Ini

Mau Jadi Pemasar Sukses? Miliki 7 Skill Ini


Mau Jadi Pemasar Sukses? Miliki 7 Skill Ini

Tidak dapat dimungkiri, teknologi memiliki andil yang besar dalam kehidupan manusia. Tidak hanya dalam dunia pendidikan, tetapi juga di dunia kerja.

Selain teknologi, kita juga diharapkan memiliki setidaknya skill khusus yang dapat membantu untuk berkembang dan mampu meraih kesuksesan.

Skill merupakan sesuatu yang tersembunyi dalam diri. Akan tetapi, skill dapat dimiliki jika dilatih secara terus-menerus.

Di antara sekian banyak skill, berikut ini tujuh macam skill yang wajib Anda miliki agar sukses jadi marketer.

1. Kemampuan Analisis

Pada era modern sekarang ini, Anda dituntut untuk dapat menganalisis sesuatu dengan baik. Mulai dari mencari akar permasalahan hingga menemukan jalan keluar dari masalah tersebut.

Analisis yang baik juga akan membuat Anda lebih kritis saat berpikir. Dengan begitu, Anda dapat menjadi salah satu orang yang disegani di tempat kerja.

Sama seperti pisau, kemampuan menganalisis masalah akan semakin runcing jika diasah terus-menerus. Coba libatkan diri secara langsung pada sebuah permasalahan. Lalu, teliti permasalahan tersebut dan jawab dalam hati.

2. Profesionalisme

Di mana pun Anda berada, bersikap profesional menjadi suatu keharusan, terutama di dunia kerja. Profesional tidak hanya untuk orang lain, tapi juga profesional terhadap diri sendiri.

Artinya, Anda harus mampu membedakan mana kepentingan pribadi dan mana kepentingan bersama. Anda juga dituntut untuk mengesampingkan ego diri sendiri demi banyak orang. Skill yang satu ini memang terlihat sepele, tapi tidak semua orang memilikinya.

3. Menguasai Bahasa Asing

Kemampuan menguasai bahasa asing juga bisa mengantarkan Anda menuju kesuksesan. Contohnya, mengusai bahasa Inggris.

Sebagai bahasa pemersatu dunia, Anda dituntut untuk mampu berbahasa Inggris dengan baik. Karena pada dasarnya, bahasa dalam dunia teknologi didominasi bahasa Inggris.

Selain Bahasa Inggris, Anda juga dapat mempelajari bahasa asing lainnya, semisal bahasa Mandarin atau bahasa Jepang, mengingat banyaknya perusahaan dari China yang berdiri di Indonesia.

4. Bahasa Pemrograman

Bahasa pemrograman atau coding juga termasuk skill yang dapat membawa Anda sukses di dunia kerja.

Apalagi bagi Anda yang kesehariannya bekerja di depan komputer. Dengan berlatih dan berlatih, Anda dapat menguasai bahasa pemrograman yang ada di komputer secara lengkap.

Bahasa pemrograman yang perlu dipelajari tidak harus komplit. Yang paling penting, Anda menguasai coding yang sering digunakan di dunia kerja. Mudah, kan?

5. Public Speaking

Public speaking menjadi skill yang benar-benar harus Anda kuasai jika ingin sukses di dunia kerja.

Bagaimana tidak? Untuk mempresentasikan sesuatu, Anda harus berbicara di depan banyak orang. Pada saat ini, kemampuan Anda dalam mengolah kata-kata akan dinilai. 

Banyak orang yang merasa kurang percaya diri saat berbicara di depan banyak orang. Kenapa? Sebab mereka jarang tampil di depan umum. Jika public speaking masih kurang, belajarlah.

Caranya dengan melibatkan diri Anda dalam diskusi kerja. Berikan pendapat dan berkomentarlah jika ada sesuatu hal yang kurang pas.

6. Kepercayaan

Kepercayaan menjadi kunci utama untuk sukses. Tidak hanya sukses untuk diri sendiri, tapi juga sukses di perusahaan. Dalam membangun kepercayaan, Anda melibatkan banyak orang, seperti konsumen, supervisor, manajer, dan rekan kerja.

Jika mereka tidak percaya, posisi Anda di perusahaan akan terancam. Sebab apa pun yang Anda lakukan di sana akan menuai nilai negatif.

Sementara kalau mereka sudah percaya, posisi Anda di perusahaan tentu semakin aman. Apa pun yang Anda lakukan dan ucapkan akan menuai nilai positif. Dengan begitu, Anda dapat terhindar dari kesalahpahaman.

7. Problem Solver

Meskipun berstatus sebagai karyawan biasa, Anda juga harus mampu menjadi problem solver bagi perusahaan. Kemampuan ini akan membuat Anda mampu berpikir lebih kritis dan terbuka.

Dengan kemampuan ini, Anda juga mampu mengambil keputusan berdasarkan semua sisi yang tujuannya untuk kepentingan semua pihak.

Bekali Diri Anda dengan Banyak Skill

Bagaimana pun juga, teknologi akan terus berkembang. Itu berarti Anda harus mempersiapkan diri dengan baik dalam menghadapi perkembagan teknologi yang tidak ada habis-habisnya.

Temukan skill yang ada dalam diri Anda. Lalu, asah skill tersebut demi kebaikan diri dan perusahaan tempat Anda bekerja.

 

Sumber: kompas.com



Artikel Terbaruartikel terbaru lainnya

Sakit Tengorokan? Racik 5 Minuman Herbal Ini untuk Mengatasinya

access_time 08 Agustus 2018 09:18:26 folder_open 126

Peegasm, Kenikmatan Setelah Menahan Pipis yang Ternyata Berbahaya

access_time 08 Agustus 2018 09:06:09 folder_open 223

Habis Makan Siang Jangan Langsung Tidur, 4 Hal Ini Mengintai

access_time 06 Agustus 2018 12:35:15 folder_open 180




Login disini untuk memberikan komentar

 

comment0 Responses
  1. Belum ada komentar

menu
menu