Home / Artikel / Campur-Campur / Remaja Pria Asal Gowa Bertelur Lagi, Ini Kata Ahli

Remaja Pria Asal Gowa Bertelur Lagi, Ini Kata Ahli


Remaja Pria Asal Gowa Bertelur Lagi, Ini Kata Ahli

Kabar seorang remaja asal Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan mengeluarkan telur dari dalam tubuhnya di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Syech Yusuf Sungguminasa.

Hingga sekitar pukul 11.00 WITA pada Senin (19/2/2018), Akmal telah mengeluarkan dua benda yang menyerupai telur.

Hal ini sebenarnya sudah pernah dialami oleh Akmal, 14, pada 2015. Saat itu, ia mengeluarkan telur yang mirip telur ayam sampai sembilan butir.

Sebelum proses mengeluarkan telur hari ini dilakukan, pihak rumah sakit mengambil foto rontgen yang memperlihatkan ada dua buah telur di dalam tubuhnya.

Tenaga medis yang menangani Akmal, dr Ratnah Hafied mengatakan dalam dunia medis hal semacam ini disebut corpus alienium.

Menurut dokter spesialis penyakit dalam, Dr Aru Sudoyo, SpPd-KHOM yang praktik di RS Medistra dan MRCCC Siloam, Jakarta, corpus alineum merupakan istilah medis yang diambil dari bahasa latin. Corpus artinya benda atau badan, sedangkan alineum berarti asing.

"Apa saja yang terlihat sebagai benda yang tidak berasal dari tempat terlihatnya itu disebut corpus alienum. Misalnya seorang anak kecil menelan kancing, maka saat di rontgen, kancing tersebut disebut corpus alienum," terangnya kepada Kompas.com, Senin (19/2/2018).

Terkait telur yang ditemukan dalam tubuh Akmal, Aru menduga itu adalah benda bulat berbentuk telur.

"Kita baru bisa tahu (benda) itu apa saat sudah dibelah. Benda bulat itu bisa apa saja, tapi yang paling sering adalah kista. Terutama karena bisa bertambah besar," jelas.

Sebaliknya, Aru menyarankan untuk menunggu hasil pemeriksaan patologi dari tim medis yang terlibat terkait keadaan yang dialami oleh Akmal.

"Jadi jangan terjebak dalam spekulasi apalagi mistisme," sarannya.

Sementara itu, Dr Ari Fahrial Syam, SpPD-KGEH, yang praktik di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM) dan RS Islam Cempaka Putih, Jakarta, melihat hasil foto rontgen dari Kompas.com mengatakan benda mirip telur tersebut berada di dalam tubuh bagian pelvis atau daerah panggul.

"Ini (letaknya) sudah di bawah. Ya, bisa disebut corpus alienum," katanya melalui pesan singkat kepada Kompas.com.

Namun, untuk memastikan benda apa itu Ari mengatakan harus dilakukan pemeriksaan lebih lagi.

"Apakah dia menelan telur tersubut dan apakah yang ke luar dari usus itu benar-benar telur," sambung dokter yang juga pernah mengeluarkan corpus alienum berupa jarum dari dalam lambung pasien.

Dalam pemberitaan Kompas.com sebelumnya, Akmal yang saat ini duduk di kelas sembilan SMP harus menjalani perawatan intensif selama kurang lebih satu pekan di RSUD.

 

Sumber: kompas.com



Berita Terbaruberita terbaru lainnya

Gerbang Tol Kertasari Tegal Macet

access_time13 Juni 2018 12:43:56

Artikel Terbaruartikel terbaru lainnya

Makin Banyak Anak, Benarkah Gigi Ibu Jadi Lebih Sedikit?

access_time 13 Juni 2018 12:26:13 folder_open 32

Wow, Peneliti Sebut Daun Teh Bermanfaat untuk Cegah Kanker Paru

access_time 28 Mei 2018 14:24:51 folder_open 51

Tren Unik Tanam Perhiasan di Bola Mata

access_time 28 Mei 2018 14:02:44 folder_open 57




Login disini untuk memberikan komentar

 

comment0 Responses
  1. Belum ada komentar

menu
menu