Home / Artikel / Healthy / Tetap Aktif di Siang Hari dan Tidur di Malam Hari demi Kesehatan Mental

Tetap Aktif di Siang Hari dan Tidur di Malam Hari demi Kesehatan Mental


Tetap Aktif di Siang Hari dan Tidur di Malam Hari demi Kesehatan Mental

Tetap menjaga ritme normal harian, yakni tetap aktif selama siang hari dan tidur di malam hari terbukti dapat meningkatkan mood dan fungsi kognitif otak dan juga mengurangi kemungkinan adanya depresi dan gangguan bipolar.

Temuan tersebut diungkap dalam sebuah studi yang dipublikasikan dalam jurnal The Lancet Psychiatry, di mana mereka meninjau gangguan pada ritme sirkadian atau siklus bangun tidur tiap hari pada lebih dari 91.000 orang dewasa usia 37-73 di Inggris.

Tinjauan tersebut diukur menggunakan alat yang disebut accelerometer yang dipakai di pergelangan tangan dan mengukur level aktivitas harian seseorang. Aktivitas ini diukur dalam periode 7 hari pada tahun antara tahun 2013 dan 2014, sementara kesehatan mental diukur menggunakan kuesioner online yang diisi mereka pada antara tahun 2016 dan 2017.

Ditemukan bahwa mereka yang lebih sering alami gangguan ritme sirkadian, seperti lebih banyak kegiatan di malam hari ketimbang siang hari atau kurang aktivitas pada keduanya, secara signifikan memiliki gejala konsisten gangguan bipolar atau depresi mayor.

"Kita sudah mengetahui bahwa tidur malam hari baik untuk kebugaran dan kesehatan fisik. Tapi kupikir sedikit yang tahu bahwa tak hanya hal tersebut penting, namun menjalani ritme reguler dengan aktif di siang hari dan kurang aktif di malam hari penting bagi kesehatan mental," tutur Dr Daniel Smith, profesor psikiatri dan ketua peneliti studi tersebut, dari University of Glasgow, dikutip dari CNN.

Penemuan tersebut juga ditemukan konsisten bahkan ketika mengendalikan sejumlah faktor yang berpengaruh termasuk usia, jenis kelamin, gaya hidup, pendidikan dan indeks massa tubuh, imbuh Dr Smith lagi.

 

Sumber: detik.com







Login disini untuk memberikan komentar

 

comment0 Responses
  1. Belum ada komentar

menu
menu