Home / Artikel / Healthy / Imun Lemah, Pengidap Diabetes Tipe 2 Jangan Cuci Tangan di Wastafel Kotor

Imun Lemah, Pengidap Diabetes Tipe 2 Jangan Cuci Tangan di Wastafel Kotor


Imun Lemah, Pengidap Diabetes Tipe 2 Jangan Cuci Tangan di Wastafel Kotor

Jakarta - Wastafel yang kotor bisa membuat seseorang enggan untuk cuci tangan. Tapi tahukah kamu bahwa wastafel kotor tak hanya bikin jijik, tapi juga bisa menularkan kuman?

Profesor Val Curtis, direktur Kelompok Kesehatan Lingkungan di London School of Hygiene and Tropical Medicine, bagi orang sehat, tak mengapa mengapa cuci tangan di wastafel kotor. Hal ini dikarenakan manfaat cuci tangan untuk membunuh kuman lebih besar daripada risiko penularan kuman dari wastafel ke tubuh.

"Namun ada beberapa pengecualian, jika seseorang memiliki sistem kekebalan yang lemah misalnya, sedang hamil atau memiliki kondisi kesehatan yang kronis seperti diabetes tipe 2, mungkin lebih baik tidak mencuci tangan jika wastafel benar-benar terlihat jorok dan kotor," ujar Profesor Curtis, dikutip dari Daily Mail.

Ia menjelaskan bahwa fungsi cuci tangan usai dari toilet adah mencegah penularan bakteri. Bakteri yang mungkin ada di tangan setelah dari toilet seperti E. coli dapat menyebabkan keracunan makanan.

Jika berasal dari tubuh diri sendiri, bakteri ini tidak akan membuat Anda sakit. Tetapi bakteri tersebut bisa membuat orang lain sakit akibat kontak langsung dengan tangan Anda.

"Setelah pergi ke toilet, alasan utama untuk mencuci tangan adalah membantu mencegah orang lain jatuh sakit," ujarnya.

Jika semua orang berhenti mencuci tangan setelah menggunakan kamar mandi, Profesor Curtis menyebut itu akan menjadi bencana bagi kesehatan masyarakat. Menurutnya, tidak ada alasan untuk orang sehat tidak mencuci tangan.

Jadi lebih baik mencuci tangan, dengan kondisi wastafel atau kamar mandi kotor dari pada tidak. Terlebih jika hendak makan seusai dari kamar mandi, tidak cuci tangan bisa membuat kuman menempel di makanan dan masuk tubuh.

 

Sumber: detik.com



Berita Terbaruberita terbaru lainnya

Gerbang Tol Kertasari Tegal Macet

access_time13 Juni 2018 12:43:56

Artikel Terbaruartikel terbaru lainnya

Makin Banyak Anak, Benarkah Gigi Ibu Jadi Lebih Sedikit?

access_time 13 Juni 2018 12:26:13 folder_open 32

Wow, Peneliti Sebut Daun Teh Bermanfaat untuk Cegah Kanker Paru

access_time 28 Mei 2018 14:24:51 folder_open 51

Tren Unik Tanam Perhiasan di Bola Mata

access_time 28 Mei 2018 14:02:44 folder_open 57




Login disini untuk memberikan komentar

 

comment0 Responses
  1. Belum ada komentar

menu
menu