Home / Artikel / Healthy / Ini Keuntungan Minum Susu Cokelat Usai Olahraga

Ini Keuntungan Minum Susu Cokelat Usai Olahraga


Ini Keuntungan Minum Susu Cokelat Usai Olahraga

Jakarta - Susu cokelat tak cuma enak di minum. Studi menyebut susu cokelat punya manfaat lain, salah satunya mengembalikan kondisi fisik usai olahraga.

Dalam studi terbaru yang diterbitkan di European Journal of Clinical Nutrition, Peneliti dari Shahid Sadoughi University of Medical Sciences, Iran, menyebut susu cokelat lebih baik daripada minuman elektrolit ketika dikonsumsi usai olahraga.

"Susu cokelat mengandung karbohidrat, protein, lemak, flavonoid, elektrolit dan beberapa vitamin, menjadikannya pilihan terbaik untuk diminum usai olahraga," ungkap dr Amin Salehi-Abargouei, dikutip dari Reuters.

Penelitian dilakukan dengan menganalisis 12 studi lainnya. Para partisipan diminta melakukan olahraga lari atau bersepeda, lalu diberi pilihan untuk minum susu cokelat, minuman elektrolit, dan juga plasebo.

Setelah itu, tingkat pemulihan para partisipan dinilai dengan melihat kadar oksigen, denyut jantung, dan juga kadar kreatinin kinase di dalam darah.

Hasil penelitian menyebut susu cokelat membuat seseorang lebih sulit merasa lelah, sekaligus mempercepat pemulihan kondisi tubuh. Efeknya bahkan lebih baik dari minuman olahraga yang mengandung elektrolit tinggi,.

"Pesan dari penelitian ini adalah susu cokelat bisa jadi alternatif minuman pemulih tenaga yang murah, enak dan disukai siapa saja," tutupnya.

 

Sumber: detik.com







Login disini untuk memberikan komentar

 

comment0 Responses
  1. Belum ada komentar

menu
menu