Home / Artikel / Healthy / Ahli Ungkap 5 Kesalahan Paling Sering Dilakukan Saat Sarapan

Ahli Ungkap 5 Kesalahan Paling Sering Dilakukan Saat Sarapan


Ahli Ungkap 5 Kesalahan Paling Sering Dilakukan Saat Sarapan

Sarapan bisa dibilang momen penting untuk memulai hari. Dari sarapanlah tubuh mendapatkan energi untuk mempersiapkan kegiatan yang dihadapi. Sayangnya, belum semua bisa tahu sarapan yang baik juga ada aturannya.

Dikutip dari Reader's Digest, ini dia beberapa kesalahan yang mungkin pernah kamu lakukan saat sarapan. Apa saja? Simak selengkapnya di sini untuk cari tahu daftar dan alasannya.

1. Makan Seadanya

Kalau buru-buru, bisa saja kamu asal makan seperti granola bar atau sekedar roti. Tapi kalau kamu enggak fokus sama apa yang kamu makan, kamu bisa jadi enggak puas, lho.

"Ketika kamu enggak menaruh perhatian pada apa yang kita makan, kita akan cenderung mudah lapar kemudian," kata Andrea Moss, pelatih nutrisi holistik dan pendiri Moss Wellness. Lagipula, masih kata Moss, makan di perjalanan dapat menyebabkan gangguan pencernaan karena mengunyah cepat.

2. Minum Kopi dengan Perut Kosong

Kopi dengan perut kosong bisa terlalu asam untuk tubuh, dan memadunya dengan makan pagimu dapat membuat kamu makan berlebihan sepanjang hari, masih menurut Moss.

"Ini dapat mengirim sinyal bahwa kita 'kenyang' dan tidak perlu makan selama beberapa jam lagi," ujarnya.

"Ini dapat mengacaukan tingkat kelaparan, tingkat energi, fokus, dan konsentrasi di kemudian hari." Karena itu, dianjurkan untuk minum kopi sesudah kamu memakan sarapan.

3. Terlalu Lama Menunggu untuk Sarapan

Jika kamu tidak pernah bangun lapar, lihatlah kebiasaan makanmu. Kamu mungkin makan terlalu banyak di malam hari, demikian dijelaskan Amy Shapiro, MS, RD, CDN, pendiri Real Nutrition NYC.

Kalau kamu lagi memang enggak kepengin makan, ada baiknya untuk makan sedikit saja. Misalnya satu buah pisang dalam waktu satu setengah jam setelah bangun tidur untuk memulai metabolisme dan bikin kamu juga terhindar dari rasa lapar.

4. Menhindari Protein

Sarapan pagi banyak yang terburu-buru dan malas masak. Kebanyakan jadi makan serba karbohidrat misalnya roti atau oatmeal. Padahal, protein di pagi hari sangat baik, lho, bagi tubuh.

"Sarapan yang terbaik, paling mengenyangkan dan memuaskan (belum lagi bagus untuk menurunkan berat badan) yang mengandung lemak dan protein yang sehat," saran Shapiro.

Shapiro merekomendasikan telur, keju cottage, selai kacang, dan yoghurt untuk memberikan dorongan protein pada menu sarapan.

5. Atau makan protein dari telur tapi menghindari kuningnya

Aduh, rugi sayang, rugi. Putih telur adalah sumber protein rendah lemak, rendah kalori, tetapi kuning telur mengandung zat besi, vitamin B, dan vitamin D.

"Begitu banyak nutrisi yang ada di dalam kuning telur," jelas Shapiro.

"Ambil seluruh bagian telur. Itu membuat kamu kenyang lebih lama dan membuat kamu puas. Ini adalah protein lengkap."

Pengecualian kalau kamu makan di luar rumah. Restoran sering memuat makanan dengan minyak dan mentega, jadi tidak memakan kuning telur bisa memangkas kalori. Jika kamu khawatir tentang angka kolesterol, kamu mungkin bisa membatasi konsumsi telur menjadi lima hingga delapan butir seminggu, meskipun penelitian menunjukkan telur belum tentu menaikkan kadar kolesterol.

 

Sumber: detik.com



Artikel Terbaruartikel terbaru lainnya

Tips Bugar untuk Pekerja Kantoran: Manfaatkan Jam Makan Siang!

access_time 12 Desember 2018 12:34:09 folder_open 23

5 Keuntungan Sehat Punya Istri Lebih Muda

access_time 11 Desember 2018 10:26:39 folder_open 25

5 Makanan yang Ternyata Lebih Jahat dari Kentang Goreng Kalau Salah Masak

access_time 10 Desember 2018 17:09:47 folder_open 20




Login disini untuk memberikan komentar

 

comment0 Responses
  1. Belum ada komentar

menu
menu