Home / Artikel / Healthy / Inilah Bentuk Air Mata Dilihat Dari Mikroskop

Inilah Bentuk Air Mata Dilihat Dari Mikroskop


Inilah Bentuk Air Mata Dilihat Dari Mikroskop

Air mata mungkin bukanlah suatu hal yang menarik, namun dengan sedikit ketelitian, fotografi, dan mikroskop, air mata bisa berubah menjadi sesuatu yang cukup menarik.

Maurice Mikkers, seorang fotografer asal Belanda dengan latar belakang ilmu kedokteran, telah menciptakan beberapa seri fotografi air mata yang dilihat dari jarak sangat dekat. Karyanya ini ia beri nama "The Imaginarium of Tears."

Proyek ini dimulai dari rasa keingintahuan Mikkers, yang telah lama membayanginya, berhubungan dengan sains. Pada postingan blog Medium, Mikkers menjelaskan "ilmu pengetahuan mengatakan bahwa setiap air mata memiliki viskositas (ukuran dari ketahanan fluida yang dapat diubah baik melalui tekanan maupun tegangan) dan komposisi yang berbeda. Semua air mata mengandung berbagai zat biologis, termasuk minyak, antibodi, dan enzim yang tersuspensi di dalam air asin. Lalu, bagaimana hal ini bisa dikaitkan dengan 'dunia nyata'?"

Ada tiga jenis air mata. Pertama, air mata emosional. Air mata ini terkait dengan perasaan sedih atau gembira. Kedua, air mata refleks. Air mata ini adalah air mata yang keluar karena terjadi iritasi pada mata. Dan yang terakhir adalah air mata basal. Air mata basal adalah jenis air mata yang berfungsi sebagai pelembap dan selalu hadir untuk membantu menjaga mata agar tetap basah dan sehat.

Dengan rasa ingin tahunya, Mikkers ingin melihat sendiri apakah masing-masing air mata memiliki perbedaan ketika diamati dengan menggunakan mikroskop. Dia melakukan eksperimennya di malam hari bersama dengan beberapa teman, dimana ia menginstruksikan mereka untuk meneteskan air mata, baik dengan cara memotong bawang, memakan cabai yang pedas, dan juga melalui kesedihan atau kebahagiaan. Setelah mengumpulkan tetesan air mata dengan menggunakan mikropipet, ia menempatkan seluruh air mata tersebut ke slide mikroskop dan membiarkannya mengkristal selama beberapa menit.

Meskipun tidak terlihat pola yang jelas di antara berbagai jenis air mata tersebut, Mikkers berhasil menemukan variasi struktur yang rumit dari kristal-kristal garam air mata. Kemudian ia menyimpulkan, "Jadi saya pikir aman untuk mengatakan bahwa perbedaan di dalam struktur air mata yang terlihat sebenarnya tidak tergantung pada penyebabnya... Namun, tetap saja indah untuk dilihat."

 

Sumber: bagikertas.blogspot.co.id



Berita Terbaruberita terbaru lainnya

Gerbang Tol Kertasari Tegal Macet

access_time13 Juni 2018 12:43:56

Artikel Terbaruartikel terbaru lainnya

Makin Banyak Anak, Benarkah Gigi Ibu Jadi Lebih Sedikit?

access_time 13 Juni 2018 12:26:13 folder_open 36

Wow, Peneliti Sebut Daun Teh Bermanfaat untuk Cegah Kanker Paru

access_time 28 Mei 2018 14:24:51 folder_open 56

Tren Unik Tanam Perhiasan di Bola Mata

access_time 28 Mei 2018 14:02:44 folder_open 62




Login disini untuk memberikan komentar

 

comment0 Responses
  1. Belum ada komentar

menu
menu