Home / News / Otomotif / Terlibat Kecelakaan di Jalan Jangan Sampai Ada Pemukulan

Terlibat Kecelakaan di Jalan Jangan Sampai Ada Pemukulan


Terlibat Kecelakaan di Jalan Jangan Sampai Ada Pemukulan

JAKARTA – Walaupun sudah diselesaikan dengan damai, berbagai kalangan menyesali terjadinya pemukulan pada pengemudi mobil yang terlibat kecelakaan dengan para pengendara moge pada Minggu (21/1/2018). Emosi di jalan usai kecelakaan bisa dimaklumi, namun tindakan pidana tidak bisa ditolelir.

“Dalam situasi seperti itu kadang memang logika enggak bermain. Orang yang mobilnya rusak kadang punya pembenaran, motor yang rusak juga punya ego yang menyatakan tidak bersalah. Sementara masyarakat mungkin saja akan berempati pada pihak yang lemah," ucap Jusri Pulubuhu, Training Director Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC), Minggu (21/1/2018).

Menurut Jusri tindakan pemukulan itu merupakan wujud lemahnya penindakan hukum. Di Indonesia, kata Jusri, bila tidak ada pengaduan maka tidak berlanjut ke perkara hukum.

“Kalau di luar, terjadi adu fisik pasti kedua belah pihak akan ditelusuri, walaupun tidak ada pengaduan. Kalau penegakan hukum kita kuat akan membuat efek jera lalu tertib,” kata Jusri.

Kalangan moge

Jusri yang juga anggota komunitas moge dan banyak terlibat dalam agenda touring mengatakan kawan-kawan moge sangat malu atas tindakan pemukulan. Seharusnya hal-hal seperti itu tidak perlu terjadi.

“Kawan-kawan yang tadi membela teman yang motor hancur, itu pasti karena toleransi. Saya pun kalau di posisi itu, bisa lepas kontrol. Yang saya sudah dengar, pihak senior-senior Harley-Davidson sudah menegur kelompok tersebut. Mereka sudah minta maaf,” kata Jusri.

“Kalau saya duduk di kondisi serupa mungkin akan bertindak sedemikan rupa. Saya masih menganggap prilaku itu manusiawi. Jangankan yang berkomentar, siapapun yang duduk di posisi itu pasti dalam tekanan. Emosi pasti keluar, apalagi di negara kita yang lemah hukum,” ucap Jusri. 

 

Sumber: kompas.com



Berita Terbaruberita terbaru lainnya

Gerbang Tol Kertasari Tegal Macet

access_time13 Juni 2018 12:43:56

Artikel Terbaruartikel terbaru lainnya

Makin Banyak Anak, Benarkah Gigi Ibu Jadi Lebih Sedikit?

access_time 13 Juni 2018 12:26:13 folder_open 39

Wow, Peneliti Sebut Daun Teh Bermanfaat untuk Cegah Kanker Paru

access_time 28 Mei 2018 14:24:51 folder_open 58

Tren Unik Tanam Perhiasan di Bola Mata

access_time 28 Mei 2018 14:02:44 folder_open 64




Login disini untuk memberikan komentar

 

comment0 Responses
  1. Belum ada komentar

menu
menu