Home / News / Nasional / Baru Penanganan Darurat, Tanggul Jebol Lagi Akibat Luapan Sungai Cisanggarung

Baru Penanganan Darurat, Tanggul Jebol Lagi Akibat Luapan Sungai Cisanggarung


Baru Penanganan Darurat, Tanggul Jebol Lagi Akibat Luapan Sungai Cisanggarung

CIREBON-Sejumlah titik tanggul di Sungai Cisanggarung saat ini dalam kondisi kritis. Namun perbaikan menyeluruh belum bisa dilakukan karena terbentur cuaca ekstrem. BBWS CC mengaku sudah memegang data titik tanggul kritis di sejumlah sungai di wilayah kerjanya.

“Total ada 600 titik tanggul yang kritis. Ini yang akan kita lakukan penanganan segera,” ujar Kepala BBWS CC Bob Arthur Lambogia saat ditemui Radar beberapa waktu lalu.

Namun demikian, saat ini pihaknya hanya bisa melakukan upaya darurat dengan membuat penahan tanggul sementara dan bukan permanen, karena situasi yang tidak mendukung. “Cuacanya kan sedang ekstrem. Kalau kita paksakan percuma juga. Kita tunggu kondisi mendukung atau nanti setelah musim hujan selesai,” imbuhnya.

Selain itu, menurut Bob, ada faktor lain yang tak kalah penting yakni di bidang penganggaran. Pasalnya, menurut Bob untuk melakukan perbaikan dengan jumlah titik yang begitu banyak, tentu dibutuhkan biaya yang tidak sedikit.

“Kita juga melihat dari sisi anggaran. Kebutuhan untuk 600 titik tanggul inikan tidak sedikit menyerap anggaran. Makanya, kita lihat prioritasnya. Mana yang bisa kita kerjakan tahun ini, dan sisanya kita kerjakan jika anggaran sudah ada,” jelasnya.

Sementara itu, sejumlah tanggul kritis yang sudah ditambal oleh BBWS CC kembali jebol. Tanggul tersebut berada di titik Blok Palabuan Desa Ciledug Wetan.

Aktivis Relawan Water Rescue, Deddy mengatakan, salah satu faktor penyebab banjir yang terjadi di WTC adalah masuknya air ke pemukiman, akibat tanggul jebol yang tidak kuat menahan arus air.

“Di Ciledug tanggul jebol dan air masuk. Kita sudah minta BBWS untuk lakukan penanganan segera. Tapi memang kondisi debit sungainya sedang tinggi, sehingga yang baru diperbaiki jebol lagi,” ungkapnya

 

Sumber: radarcirebon.com



Berita Terbaruberita terbaru lainnya

Gerbang Tol Kertasari Tegal Macet

access_time13 Juni 2018 12:43:56

Artikel Terbaruartikel terbaru lainnya

Makin Banyak Anak, Benarkah Gigi Ibu Jadi Lebih Sedikit?

access_time 13 Juni 2018 12:26:13 folder_open 34

Wow, Peneliti Sebut Daun Teh Bermanfaat untuk Cegah Kanker Paru

access_time 28 Mei 2018 14:24:51 folder_open 52

Tren Unik Tanam Perhiasan di Bola Mata

access_time 28 Mei 2018 14:02:44 folder_open 60




Login disini untuk memberikan komentar

 

comment0 Responses
  1. Belum ada komentar

menu
menu