Home / News / Promo, Event & Diskon / Ini Fitur-fitur Terbaru di Yamaha Mio M3 dan Soul GT

Ini Fitur-fitur Terbaru di Yamaha Mio M3 dan Soul GT


Ini Fitur-fitur Terbaru di Yamaha Mio M3 dan Soul GT

Jakarta -Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) November lalu telah meluncurkan Mio M3 dan Soul GT terbaru. Kedua skuter matik (skutik) andalan Yamaha itu menapatkan fitur-fitur unggulan.

Salah satu fitur unggulan pada Mio M3 dan Soul GT terbaru adalah Stop & Start System (SSS). Menurut Ferry dari Service Education Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM), SSS adalah sistem yang ketika motor berhenti maka mesin akan mati.

"Jadi saat motor berhenti, dia akan mematikan mesin otomatis setelah 5 detik berhenti. ECU (engine control unit) ada proram baru yang bisa mengkalkulasi selama 5 detik, sehingga bisa mati secara otomatis," kata Ferry saat berkunjung ke kantor detikOto di Warung Buncit, Jakarta, Rabu (21/12/2016).

Ditambahkan GM After Sales Service & Motor Sport YIMM, M. Abidin, penggunaan SSS ini diharapkan bisa mereduksi emisi gas buang. Apalagi ketika sedang macet atau berhenti di lampu merah.

"Karena dia berhenti dan mesin tidak bekerja. Sangat banyak energi yang bisa di-save," kata Abidin di kesempatan yang sama.

Abidin mengakui, kompetitornya memang sudah memiliki sistem serupa. Namun menurutnya, sistem SSS yang dimiliki Yamaha memiliki kelebihan yaitu menghidupkan mesin lebih cepat.

"Ini ada kelebihan pada saat mesin hidup kembali (ketika gas dibuka), mesinnya hidup lebih cepat 0,4 detik dibanding kompetitor," klaimnya.

Selain SSS, Mio M3 dan Soul GT terbaru juga dibekali dengan fitur Advance Key System (AKS). Menurut Ferry, ada dua fitur pada sistem AKS ini yaitu answer back dan auto open key shutter.

"Answer Back itu untuk mengetahui posisi motornya di mana, cukup menekan tombol di kunci nanti motornya akan bunyi. Kemudian auto open key shutter, jadi untuk penutup kunci kontaknya itu bisa terbuka secara otomatis setelah menekan tombol di remot," jelas Ferry.

Dia menjelaskan, main switch atau kunci kontak utama pada Mio M3 dan Soul GT terbaru ini bertambah fungsi. Kini, kunci kontak bisa digunakan untuk menyalakan mesin, membuka lubang kunci (auto open key shutter), membuka jok dan mengaktifkan answer back.

Untuk spesifikasi, Ferry menjelaskan, tidak ada perbedaan antara Mio M3 dan Soul GT terbaru dengan versi sebelumnya. Hanya, ada penambahan bobot pada kedua motor ini karena upgrade sistem SSS dan tipe baterai.

"SSS perbedaannya di tipe baterai, dia 5 ampere, yang sebelumnya 3 ampere. Lalu bobotnya jadi 94 kg, atau lebih berat 2 kg karena ada update di fitur SSS," kata Ferry.

Ridwan Arifin dari Service Department - Aftersales Division YIMM menambahkan, penggunaan SSS ini lebih irit bahan bakar dibandingkan Mio M3 dan Soul GT model sebelumnya. "Ini jadi irit 6 persen," katanya.

 

Sumber: detik.com







Login disini untuk memberikan komentar

 

comment0 Responses
  1. Belum ada komentar

menu
menu