Home / News / Nasional / Di Kota Cirebon, Orang Gila Masuk DPS

Di Kota Cirebon, Orang Gila Masuk DPS


Di Kota Cirebon, Orang Gila Masuk DPS

CIREBON – Daftar Pemilih Sementara (DPS) yang diterbitkan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Cirebon, ternyata memuat pemilih yang dalam kondisi gila. Anggota KPU Kota Cirebon, Iwan Setiawan SH membenarkan hal tersebut.

Masuknya pemilih dalam kondisi gila, menurut dia sebagai konsekuensi sistem demokrasi yang menerapkan sistem warga yang berusia setidaknya usia 17 tahun yang sudah berhak mendapatkan hak pilih. Dan orang gila ini termasuk usia yang memang sudah memiliki hak pilih.

“Hanya saja, tidak mungkin nama mereka dihapus dari DPS, walaupun tidak memungkinkan orang gila menggunakan hak pilihnya,” ujarnya.

Tapi, kata dia ada berita acara yang menerangkan. Walaupun yang bersangkiutan terdaftar, namun karena kondisi hilang ingatan maka tidak bisa menggunakan hak pilihnya.

“Ini konsekuensinya berpengaruh kepada partisipasi pemilih pada pilkada karena tidak bisa seratus persen, salah satunya ada nama-nama orang gila yang masuk dalam DPS dan DPT,” ungkapnya.

“Meskipun tidak bisa memilih, tapi tetap dibuatkan berita acara karena mereka punya NIK,” tambah dia.

Iwan menjelaskan, Selasa (10/4),  digelar rapat penyampaian Daftar Pemilih Sementara Hasil Perbaikan (DPSHP) tingkat PPS, dan rapat ini dilaksanakan serentak se-Jawa Barat. “Kemarin (Senin,red) rapat koordinasi, hari ini (Selasa, red) dituangkan dalam berita acara kalau rakor hari ini menyamakan persepsi dan kalau ada kekurangan silakan untuk diperbaiki,” terangnya.

Disinggung masih ada warga yang merasa nama anggota keluarganya tidak masuk dalam DPS, Iwan menegaskan, kalau ada anggota keluarga yang belum terdaftar silakan menyampaikan ke PPS. Sehingga saat penandatanganan berita acara supaya beres semua.

Karena penetapan DPT (daftar pemilih tetap) tanggal 13-19 April. Untuk Kota Cirebon pelaksanaan penetapan DPT pada 18 April. Saat penetapan DPT nanti paling ada daftar pemilih pindahan menggunakan Form A5 dari TPS asal pindah ke TPS mana yang dia tinggal. “Seperti pilot atau pramugari, itu pun kalau ada,” pungkasnya.

 

Sumber: radarcirebon.com



Artikel Terbaruartikel terbaru lainnya

Sakit Tengorokan? Racik 5 Minuman Herbal Ini untuk Mengatasinya

access_time 08 Agustus 2018 09:18:26 folder_open 37

Peegasm, Kenikmatan Setelah Menahan Pipis yang Ternyata Berbahaya

access_time 08 Agustus 2018 09:06:09 folder_open 65

Habis Makan Siang Jangan Langsung Tidur, 4 Hal Ini Mengintai

access_time 06 Agustus 2018 12:35:15 folder_open 69




Login disini untuk memberikan komentar

 

comment0 Responses
  1. Belum ada komentar

menu
menu