Home / News / Nasional / Kemendagri: Aher Tak Bisa Jadi Wagub DKI Pengganti Sandi

Kemendagri: Aher Tak Bisa Jadi Wagub DKI Pengganti Sandi


Kemendagri: Aher Tak Bisa Jadi Wagub DKI Pengganti Sandi

Jakarta - Kementerian Dalam Negeri merespons isu mantan Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan (Aher) dipersiapkan menjadi kandidat Wakil Gubernur Jakarta pengganti Sandiaga Uno. Berdasarkan undang-undang, Aher tak bisa menjadi Wagub Jakarta.

"Kepala daerah tak boleh turun jadi wakil kepala daerah," kata Kepala Pusat Penerangan Kemendagri, Bahtiar, dalam keterangan pers, Selasa (14/8/2018).

Bahtiar menjelaskan ada Undang-Undang Nomor 10 Tahun 2016 tentang Pilkada yang mengatur hal ini. Dalam Pasal 7 ayat (2) huruf o diatur calon kepala daerah belum pernah menjabat gubernur untuk calon wakil gubernur atau bupati/wali kota untuk calon wakil bupati/calon wakil wali kota pada daerah yang sama. Dengan demikian, kepala daerah tak boleh turun jabatan menjadi wakil kepala daerah.

"Belum pernah menjabat sebagai Gubernur untuk calon Wakil Gubernur atau Bupati/Wali Kota
untuk Calon Wakil Bupati/Calon Wakil Wali Kota pada daerah yang sama," demikian bunyi Pasal 7 ayat (2) huruf o yang menyebutkan persyaratan calon kepala daerah itu.

Dalam Pasal 7 ayat (2) undang-undang tersebut diatur calon wakil gubernur disyaratkan belum pernah menjabat kepala daerah selama dua kali masa jabatan yang sama. Adapun Aher sudah dua periode menjabat Gubernur Jawa Barat.

"Pak Aher sudah dua kali menjadi Gubernur Jabar, sehingga tidak boleh dicalonkan lagi menjadi Wagub DKI, sebagaimana tertuang dalam Pasal 7 ayat (2) huruf n Undang-Undang Nomor 10 Tahun 2016," kata Bahtiar.

Aher sudah menanggapi isu bahwa dirinya menjadi kandidat Wagub Jakarta pengganti Sandiaga, yang maju menjadi cawapres 2019. Politikus PKS ini memang disuruh mundur dari pencalegan. Namun saat instruksi mundur dari pencalegan itu diterimanya, suasananya masih membahas seputar cawapres. Namun kini, cawapres untuk Prabowo sudah ada, yakni Sandiaga Uno, dan Aher diisukan menjadi kandidat wagub baru pengganti Sandiaga di DKI.

"Tapi ketika dikaitkan cawagub DKI, waduh saya nggak tahu-menahu itu," kata Aher saat ditemui di kediamannya di kawasan Setraduta, Kota Bandung, Senin (13/8) kemarin.

 

Sumber: detik.com



Artikel Terbaruartikel terbaru lainnya

Sakit Tengorokan? Racik 5 Minuman Herbal Ini untuk Mengatasinya

access_time 08 Agustus 2018 09:18:26 folder_open 126

Peegasm, Kenikmatan Setelah Menahan Pipis yang Ternyata Berbahaya

access_time 08 Agustus 2018 09:06:09 folder_open 223

Habis Makan Siang Jangan Langsung Tidur, 4 Hal Ini Mengintai

access_time 06 Agustus 2018 12:35:15 folder_open 180




Login disini untuk memberikan komentar

 

comment0 Responses
  1. Belum ada komentar

menu
menu