Home / Wondeful Indonesia / Pariwisata / Menyusuri Keindahan Sungai Citumang Ciamis Jawa Barat

Menyusuri Keindahan Sungai Citumang Ciamis Jawa Barat


Menyusuri Keindahan Sungai Citumang Ciamis Jawa Barat

Wisata Propinsi Jawa Barat yang mempunyai potensi wisata yang sangat banyak, dari wisata kota sampai wisata alamnya. Ratusan curug dan wisata air ada disana, Jawa Barat mempunyai Green Canyon yang sangat terkenal akan pariwisata air alamnya. Tetapi Propinsi Jawa Barat masih mempunyai wisata air alam yang tak kalah indahnya dengan Green Canyon, Namanya Citumang River atau Sungai Citumang yang berada ditengah-tengah alam yang masih asri dan hijau.

Obyek Wisata

Sungai Citumang terletak di pedalaman sebuah hutan yang masih rimbun dan hijau, mengalir sebuah sungai yang mempunyai warna kebiruan. Suasana alam yang sangat jauh dari perkotaan membuat wisata ini sangat digemari untuk melepas beban penat sehari-hari. Hanya suara alam dan suara gemericik air yagn akan kita dengarkan bila berada disini. Tepian sungai yang terdiri dari ornamen batu-batu padas dengan relung dalam dihiasi relief alam dan aliran sungai yang menembus ke dalam goa.

Menurut warga sekitar, nama Citumang berasal dari legenda tentang seekor buaya buntung, Si Tumang. Begitu kuatnya kepercayaan penduduk akan kehadirna buaya buntung tersebut sehingga sampai sekarang meninggalkan nama yang melekat kuat menjadi nama sungai. Versi lain kisah Citumang, berasal dari Cai (Bahasa Sunda = air) yang numpang (cai numpang) yang berkaitan dengan adalah air sungai yang mengalir di bawah tanah. Kata cai numpang ini seiring Air yang bening menanti Andaperjalanan waktu lama-lama berubah menjadi Citumang.

Beda dengan Green Canyon, Sungai Citumang ini tidak mempunyai aliran yang deras. Sunagi Citumang ini airnya mengalir tenang, sehingga anak-anak pun dapat bermain bebas di sungai pada daerah-daerah tertentu yang dangkal. Aktifitas biasanya untuk menikmati keindahan sepanjang Sungai Citumang dengan Body Rafting secara berkelompok. Namun faktor cuaca juga mempengaruhi kegiatan disini, apabila waktu hujan debit air akan naik dan aliran menjadi deras.

Lokasi

Sungai Citumang berada di Desa Bojong Kecamatan Parigi Ciamis, Propinsi Jawa Barat, Indonesia.

Akses

Sungai Citumang terletak di antara Pangandaran dan Green Canyon. Transportasi umum yang dapat membawa Anda ke tempat ini adalah ojek. Anda juga bisa menyewa sepeda untuk menuju ke sungai ini, yang Anda perlu lakukan hanya mengikuti petunjuk yang mengarah ke Citumang. Jika Anda menggunakan mobil, cara terbaik untuk sampai ke Sungai Citumang adalah melalui pasar lokal Cibenda lewat Panyingkiran melalui jalan sempit dan sawah hijau sampai Anda menemukan tempat parkir. Dari sana Anda harus berjalan kaki sekiatar 25 menit untuk menuju sungai.

 

Sumber: wisata.indonesia.org



Pariwisatapariwisata lainnya

Gunung Purba (Padang) Cianjur, Maha Karya Terpendam di Indonesia

access_time21 November 2016 09:25:29 folder_open 1.702

Observatorium Bosscha, Museum Astronomi

access_time26 Oktober 2016 13:21:13 folder_open 889

Wisata Alam Gunung Pancar

access_time16 November 2016 09:25:36 folder_open 2.126

Kulinerkuliner lainnya

Pedasnya Ayam Gepuk Pa Gembus

Pedasnya Ayam Gepuk Pa Gembus

access_time 19 Maret 2018 01:45:15 folder_open 339
Wisata Kuliner Puncak Bogor Cipanas

Wisata Kuliner Puncak Bogor Cipanas

access_time 16 November 2016 09:12:29 folder_open 3.595
Coba Nih, Sensasi Nasi Goreng Durian

Coba Nih, Sensasi Nasi Goreng Durian

access_time 05 Agustus 2017 22:43:51 folder_open 489




Login disini untuk memberikan komentar

 

comment0 Responses
  1. Belum ada komentar

menu
menu