Home / Wondeful Indonesia / Pariwisata / Jelajah Pulau eksotis di Pulau Biawak Indramayu Jawa Barat

Jelajah Pulau eksotis di Pulau Biawak Indramayu Jawa Barat


Jelajah Pulau eksotis di Pulau Biawak Indramayu Jawa Barat

Indonesia memiliki Pulau Komodo yang sangat terkenal hingga kancah internasional dengan keindahan pulau, pantai dan satwa komodonya. Akan tetapi Indonesia juga mempunyai pulau yang juga menyerupai Pulau Komodo yang tak kalah indah pulau, pantai dan satwanya. Pulau Biawak namanya terletak di propinsi Jawa Barat yang juga tempat konservasi satwa didalamnya.

Obyek Wisata

Pulau Biawak merupakan pulau konservasi fauna yang sesuai dengan namanya. Yaitu Biawak ( varanus salvator ) yang mempunyai ukuran 20 cm sampai dengan 150 cm, jenis reptil yang menyerupai hewan Komodo ini telah ada di pulau ini jutaan tahun yang lalu. Dengan jumlah yang mencapai ratusan ekor dan hidup di semak semak dan hutan bakau ini merupakan hewan liar tetapi tidak menyerang manusia kecuali keberadaanya diganggu. Selain Biawak, juga dapat ditemui satwa lain yaitu trinil pantai, burung cangak laut dan burung uidang biru.

Berada di laut jawa menjadikan Pulau Biawak mempunyai panorama pantai yang landai tidak mempunyai ombak yang besar seperti pantai pantai yang berada di laut selatan. Snorkling dan diving adalah cara yang tepat untuk menikmati keindahan laut yang bening dan karang-karang hidup yang masih tersentuh oleh tangan. Pulau dengan ukuran sekitar 742 hektar yang sebagian adalah hutan bakau menjadikan Pulau Biawak sangat rimbun akan pepohonan. Hutan Pinus sebagai sarang burung-burung endemik juga akan dapat ditemui di Pulau Biawak. Dipinggir pantai kita akan bisa melihat pembudidayaan laut dan penangkaran biota laut seperti keramba jaring apung ikan Kerapu, Rumput Laut dan penagkaran ikan hias laut.

Ditengah-tengah pulau terdapat sebuah mercu suar yang masih digunakan sebagai navigasi kapal-kapal yang melintas. Mercusuar yang dibangun oleh Zm William pada tahun 1872 memiliki bentuk bangunan seperti dengan mercusuar yang berada di Bangka Belitung dan Anyer Tanggerang. Dengan anak tangga yang berjumlah sekitar 300 anak tangga yang terbuat dari besi dan teras yang berukuran sekitar 80 cm ini pengunjung dapat menaikinyadan menikmati keindahan Pulau Biawak dari atas.

Selain pulau utama, Pulau Biawak mempunyai gugusan pulau lain. Yaitu Pulau Gosong dan Pulau Candikian dengan jarak tempuh dari Pulau Biawak sekitar 30 menit ke Pulau Gosong dan sekitar 1 jam ke Pulau Candikian. Kedua pulau ini juga sangat indah namun tidak berpenghuni.

Lokasi

Secara administratif, Pulau Biawak masuk dalam kawasan Kabupaten Indramayu Propinsi Jawa Barat.

Akses

Pulau Biawak dan sekitarnya yang terletak di sebelah utara Indramayu, yaitu sekitar 26 mil (±50 km) dari daratan Indramayu ini dapat dijangkau dengan menggunakan kapal nelayan dengan lama perjalanan 4-6 jam. Akses menuju pulau ini dapat ditempuh dari Brondong dan Karangsong menggunakan perahu yang disewa dari nelayan karena tidak ada angkutan khusus yang berangkat setiap hari.

Fasilitas dan Akomodasi

Untuk fasilitas menginap dan makan akan banyak ditemui di Pulau Biawak. Kalau tidak mau repot kita dapat menghubungi agen tour untuk mengurus segala keperluan selama kita berlibur di Pulau biawak.

 

Sumber: wisata.javaindonesia.org



Pariwisatapariwisata lainnya

Kebun Buah Mangunan Dan Pemandangan Sungai Oyo Yogyakarta

access_time02 Februari 2017 16:39:51 folder_open 1.800

Gunung Purba (Padang) Cianjur, Maha Karya Terpendam di Indonesia

access_time21 November 2016 09:25:29 folder_open 1.370

Observatorium Bosscha, Museum Astronomi

access_time26 Oktober 2016 13:21:13 folder_open 735

Kulinerkuliner lainnya

Pilihan Oleh-oleh yang Bisa Anda Bawa dari Cirebon

Pilihan Oleh-oleh yang Bisa Anda Bawa dari Cirebon

access_time 08 September 2017 10:25:47 folder_open 261
Nasi Jamblang khas Cirebon

Nasi Jamblang khas Cirebon

access_time 06 November 2016 05:22:28 folder_open 1.143
Serabi Spaghetti Bikin Kenyang

Serabi Spaghetti Bikin Kenyang

access_time 23 Oktober 2017 13:38:28 folder_open 246




Login disini untuk memberikan komentar

 

comment0 Responses
  1. Belum ada komentar

menu
menu