Home / Wondeful Indonesia / Pariwisata / Keindahan Taman Air Taman Sari Keraton Yogyakarta

Keindahan Taman Air Taman Sari Keraton Yogyakarta


Keindahan Taman Air Taman Sari Keraton Yogyakarta

Siapa yang tak kenal dan tidak tahu Yogyakarta atau Jogja? Kota yang juga populer menjadi sebuah lagu dan populer akan keindahan obyek wisatanya. Mulai dari titik utara Gunung Merapi, museum, tempat pembelanjaan, keraton sampai dengan pantainya yang menawan. Taman Air Taman Sari salah satunya yang melengkapi keindahan Yogyakarta yang berada diarea lingkungan keraton yang sungguh indah buat dikagumi.

Obyek Wisata

Taman Air Taman Sari adalah sebuah taman yang dimiliki oleh keraton yang berada masih diarea pusat Keraton Yogyakarta. Taman Sari pertama kali didirikan pada tahun 1758 dari ide Hamengku Buwono I dan juga Raden Ronggo Prawirosentiko sebagai arsiteknya, dan Demang Tegis sebagai tenaga ahli strukturnya. Terdapat beberapa elemen yang memengaruhi arsitektur dari bangunan komplek Taman Sari  ini, diantaranya adalah pengaruh dari Hindu dan Budha, Jawa dan Islam, Cina, Portugis dan gaya Eropa, dapat dilihat dari beberapa bagian bangunan ini. Taman Sari memiliki dua buah pintu gerbang utama yang bermotif detai Jawa, yaitu sebuah Gapuro Agung (yang terdapat dibagian Barat) dan Gapuro Panggung (yang terdapat pada bagian Timur, yang saat ini digunakan sebagai pintu masuk utama menuju lokasi kompleks Taman Sari). Taman Sari memiliki 3 buah kolam permandian anggota keluarga keraton yang bernama Umbul Panguras adalah kolam pemandian khusus bagi Sri Sultan, Umbul Pamuncar adalah kolam pemandian yang disediakan bagi permaisuri, dan Umbul Kawitan untuk putra-putrinya Raja.

Selapas dari Taman Sari kita akan diajak menikmati keindahan lainya yang masih satu lingkup di area taman Sari yaitu Sumur Gumuling dan Pulo Kenongo. Untuk menuju ke tempat tersebut. Anda akan melewati sebuah tajug, yaitu lorong yang menghubungkan Taman Sari dan Pulo Kenongo. Keluar dari ujung lorong anda akan menemui reruntuhan bangunan Pulo Kenongo yang tinggi. Dahulu disekitar bangunan ini banyak ditumbuhi bunga kenanga, merupakan bangunan tertinggi di Taman Sari. Disini anda bisa menikmati golden sunset dan seluruh area Taman Sari.

Dari Pulo Kenongo masih ada satu bangunan unik lainnya, yaitu masjid bawah tanah atau Sumur Gumuling yang dahulu sebagai pusat peribadatan Raja Keraton beserta keluarganya. Bentuk bangunan masjid ini tidak seperti masjid umumnya, Masjid ini berbentuk bulat. Di masing-masing lantai terdapat dua mihrab atau tempat berdiri imam untuk memimpin salat jemaah. Pada bagian dalam bangunan masjid, terdapat sumur dikelilingi lima tangga yang melambangkan jumlah rukun Islam. Persis di bawah tangga yang saling bertemu di tengah terdapat kolam air dari sumur gumuling. Bagian atas masjid membentuk bulatan tanpa atap. Di bagian dinding juga terdapat banyak ventilasi sehingga cahaya matahari leluasa menerangi bagian dalam masjid. Dan Uniknya lagi bangunan masjid ini temboknya direkatkan tidak memakai semen seperti sekarang ini, melainkan direkatkan dengan putih telur.

Dengan berkunjung ke masjid tersebut menyiratkan jejak perkembangan islam di Keraton Yogyakarta dan kemegahan arsitektur masa lalu. Wisatawan banyak mendokumentasikan tempat ini dengan foto narsis ataupun prewedding.

Lokasi

Area Keraton Yogyakarta Jl. Taman, Keraton, Yogyakarta 55133, Indonesia

Tiket Masuk

Buka : 09.00 – 15.30 WIB
Tiket wisatawan domestic  : Rp. 3.000,-
Tiket wisatawan asing          : Rp. 7.000,-
Guide : Rp. 10.000 – Rp. 20.000 Nego

Akses

Kalau anda dari luar kota dan menaiki jalur darat, aksenya cukup mudah. Dengan arah utama ke Malioboro. Disitu anda dapat menaiki andong atau becak menuju ke Taman Sari, sembari menikmati jantung Kota Yogyakarta.

Akomodasi

Banyak tersedia berbagai akomodasi di sekitar Taman Sari, Karena jaraknya yang dekat dengan Malioboro. Banyak wisatawan yang memilih menginap di area Malioboro, tetapi banyak juga rumah makan, penginapan atau hotel yang sangat dekat dengan Taman Sari.

 

Sumber: wisata.javaindonesia.org



Pariwisatapariwisata lainnya

Belajar Seni Dan Budaya Jawa Di Museum Ullen Sentalu Yogyakarta

access_time14 Desember 2016 14:34:17 folder_open 1.477

Stone Garden, Keindahan Perkebunan Batu diatas Kota Bandung Jawa Barat

access_time11 November 2016 17:02:37 folder_open 1.639

Pantai Ngobaran Dan Pantai Nguyahan, Gunung Kidul

access_time16 Januari 2017 09:40:12 folder_open 811

Kulinerkuliner lainnya

Coba Nih, Sensasi Nasi Goreng Durian

Coba Nih, Sensasi Nasi Goreng Durian

access_time 05 Agustus 2017 22:43:51 folder_open 497
Pilihan Oleh-oleh yang Bisa Anda Bawa dari Cirebon

Pilihan Oleh-oleh yang Bisa Anda Bawa dari Cirebon

access_time 08 September 2017 10:25:47 folder_open 340
Empal Gentong Cirebon Apud VS Amarta, Mana yang Lebih Enak?

Empal Gentong Cirebon Apud VS Amarta, Mana yang Lebih Enak?

access_time 04 Juli 2017 13:32:01 folder_open 575




Login disini untuk memberikan komentar

 

comment0 Responses
  1. Belum ada komentar

menu
menu