Home / Wondeful Indonesia / Pariwisata / Obyek Wisata Museum Affandi

Obyek Wisata Museum Affandi


Obyek Wisata Museum Affandi

Letak museum ini berada pada lokasi yang sangat strategis. Tepatnya berada di Jl. Laksamana Adi Soetjipto No.167, Sleman, Yogyakarta atau yang lebih akrab disebut jalan Solo. Museum Affandi sangat mudah untuk dicapai dengan berbagai fasilitas angkutan umum ataupun kendaraan pribadi. Tempat ini merupakan tempat penyimpanan mahakarya pahlawan di bidang seni lukis.

Tentang Affandi

Affandi dilahirkan di Cirebon pada tahun 1907, putra dari R. Koesoema. Affandi adalah seorang pelukis yang menganut aliran ekspresionisme atau abstrak, sudah menghasilkan 2.000 karya lukis semasa hidupnya. Pelukis yang kerap mengenakan sarung dengan pipa cerutu terselip di bibirnya ini juga terkenal dengan celetukannya yang khas, membuat orang tertawa. Sepanjang karirnya, Affandi pun mendapatkan gelar Doctor Honoris Causa dari University of Singapore pada tahun 1974.

Obyek Wisata Museum Affandi

Filosofi yang dianut oleh seorang Affandi terlihat jelas pada museum yang berada di sebelah barat Sungai gajah Wong dan memiliki area seluas 3.500 are. Bangunan intinya terdiri atas museum dan bangunan yang dulunya merupakan rumah Affandi. Bentuk permukaan tanah yang tidak lazim memberikan inspirasi kepada Affandi untuk merancang bangunan yang harmonis dengan lingkungan sekitarnya. Hasilnya, sebuah lingkungan terpadu yang sangat unik hasil rancangan Affandi sendiri. Sebuah rancang bangun yang layak untuk diberi penghargaan di bidang arsitektur. bangunan ini memiliki bentuk tampak luar seperti pelepah pisang yang membentengi bangunan ini, entah memang mengikuti konsep dasar bangunan atau tidak.

Dominasi warna bangunan ini yaitu berwarna hijau. Memiliki tiga ruang pamer utama, yaitu Galeri I yang berisikan semua karya lukis dan koleksi pribadi Affandi, Galeri II yang berisikan karya sulam dan karya lukis perempuan dalam hidup Sang Maestro (Maryati – istri pertama, Kartika – putri Affandi, dan Rukmini – istri kedua Affandi), sedangkan Galeri III yang memiliki tiga lantai bangunan, untuk lantai I digunakan sebagai ruang pameran, lantai II sebagai ruang perawatan, dan lantai bawah tanah digunakan sebagai tempat penyimpanan lukisan.

Selama di dalam museum, patuhi aturan yang berlaku. Anda dimohon untuk tidak mengambil gambar atau foto close-up per lukisan. Jangan menyentuh atau memegang lukisan. Sebaiknya Anda tidak makan dan minum selama di dalam museum. Agar tidak mengganggu pergerakan Anda saat melihat-lihat didalam museum, sebaiknya titipkan barang-barang Anda di meja informasi.

Lokasi

Museum Affandi berada di jalan Solo, tepatnya di Jl. Laksamana Adi Soetjipto No.167, Sleman, Yogyakarta

Tiket Masuk dan Jadwal

  • Museum Affandi  buka pada hari Senin sampai Sabtu jam 09.00 – 16.00. Tutup pada hari libur, kecuali sudah ada perjanjian.
  • Harga tiket masuk untuk yaitu Rp. 20.000,-
  • Anda bisa membeli tiket izin fotografi dengan membayar Rp. 10.000,- untuk kamera dan Rp. 20.000,- untuk video shooting.

Akses

Akses untuk menuju Museum Affandi sangatlah mudah. Jika Anda dari bandara Adisucipto Yogyakarta, museum ini hanya berjarak sekitar 4 km. Museum Affandi terletak tidak begitu jauh dari Hotel Saphir Yogyakarta. Sedangkan jika dari terminal Giwangan Yogyakarta berjarak sekitar 8 km. Jika dari stasiun Tugu Yogyakarta, museum ini hanya berjarak sekitar 5 km dan jika dari stasiun Lempuyangan Yogyakarta berjarak 2 km. Untuk moda trasnportasi yang akan digunakan selanjutnya, Anda bisa menggunakan angkutan umum seperti bus Transjogja, ataupun dengan menggunakan becak atau dokar untuk menuju Museum Affandi.

Tips Membeli Lukisan Affandi

 

  1. Sebaiknya, Anda tidak cepat tergiur dengan harga yang murah atau dibawah harga pasar. Pastikan keaslian lukisan yang ingin Anda beli.
  2. Lakukan transaksi pembelian HANYA apabila Anda yakin pihak pemilik lukisan yang menjual lukisan Affandi kepada Anda telah melaksanakan identifikasi lukisan melalui Museum Affandi.
  3. Biaya identifikasi lukisan di Museum Affandi sebaiknya dibebankan kepada pemilik lukisan tersebut.
  4. Proses identifikasi lukisan oleh pemilik lukisan sebaiknya diketahui oleh calon pembeli dan kolektor hingga mendapatkan surat keterangan yang dikeluarkan oleh Museum Affandi.

 

Sumber: wisata.javaindonesia.org



Pariwisatapariwisata lainnya

Pulau Semak Daun, Nuansa Menyepi di Utara Jakata Pulau

access_time02 Desember 2016 10:04:43 folder_open 1.105

Stone Garden, Keindahan Perkebunan Batu diatas Kota Bandung Jawa Barat

access_time11 November 2016 17:02:37 folder_open 1.516

Wisata Air The Jungle Adventure

access_time15 November 2016 13:53:28 folder_open 582

Kulinerkuliner lainnya

Coba Nih, Sensasi Nasi Goreng Durian

Coba Nih, Sensasi Nasi Goreng Durian

access_time 05 Agustus 2017 22:43:51 folder_open 456
Wisata Kuliner di Cirebon

Wisata Kuliner di Cirebon

access_time 06 Agustus 2018 12:56:25 folder_open 80
Wisata Kuliner Puncak Bogor Cipanas

Wisata Kuliner Puncak Bogor Cipanas

access_time 16 November 2016 09:12:29 folder_open 3.508




Login disini untuk memberikan komentar

 

comment0 Responses
  1. Belum ada komentar

menu
menu