Home / Wondeful Indonesia / Pariwisata / Pantai Ngobaran Dan Pantai Nguyahan, Gunung Kidul

Pantai Ngobaran Dan Pantai Nguyahan, Gunung Kidul


Pantai Ngobaran Dan Pantai Nguyahan, Gunung Kidul

Pantai-pantai di Kabupaten Gunung Kidul memang belum banyak yang mengenal. Mungkin dikarenakan kondisi geografis Gunung Kidul yang berbukit karang, serta minimnya akses jalan yang tersedia. Namun hal tersebut malah membuat pantai Gunung Kidul masih terjaga keasriannya. Seperti contoh Pantai Ngobaran dan Pantai Nguyahan.

Tampaknya peribahasa “Sekali tepuk dua lalat” sesuai untuk kedua pantai Gunung Kidul ini. Karena Pantai Ngobaran dan Pantai Nguyahan saling berdampingan letaknya, hanya terpisah sekitar 10 menit berjalan kaki. Namun masing-masing pantai akan menyuguhkan pada Anda keunikan dan suasana yang berbeda. Cukup efisien, bukan?

Objek Wisata

Kondisi geografis Pantai Ngobaran tidak jauh berbeda dengan kondisi secara umum Kabupaten Gunung Kidul. Yaitu berbukit karang dan terjal. Hampir tidak ada wilayah berpasir di Pantai Ngobaran. Bibir pantainya pun berupa karang dangkal. Namun, keindahan pemandangan alamnya jangan diragukan.

Pantai Ngobaran terletak di sebuah tanjung yang mini, sehingga letaknya agak menjorok kelaut. Keunikan dari Pantai Ngobaran adalah pemandangannya yang tidak biasa. Di pantai Gunung Kidul ini, Anda akan menemui sebuah kompleks pura yang dibangun diatas tebing yang curam. Pura yang bernama Pura Segara ini merupakan tempat ibadah untuk pemeluk Buddha, Hindu, dan Kejawan(aliran Jawa). Dalam kompleks Pura Segara Anda akan menemukan banyak patung dewa-dewi, dan juga stupa. Di dalam kompleks pura ini pula, Anda akan disuguhkan pemandangan yang indah dengan latar belakang Laut Hindia dan birunya langit, serta tebing-tebing yang kokoh di sekitarnya.

Disebelah tepi Anda akan mendapati anak tangga yang menuju ke arah pantai. Pantainya berupa hamparan karang dangkal. Di pantai tersebut Anda hanya bisa bermain air saja, tidak bisa berenang. Pada sisi tebing sebelah bawah mayoritas menjorok kedalam, seperti gua. Bermain di situ cukup mengasikan karena sesekali ombak yang menghantam menimbulkan semburan air.

Uniknya, di sisi sebelah timur berdiri sebuah mushala kecil. Mushala ini sangat dekat dengan bibir pantai, yaitu sekitar 10 meter.

Selepas bermain air di Pantai Ngobaran ini, Anda bisa mengisi perut di pantai sebelah. Yaitu Pantai Nguyahan. Cukup dengan berjalan kaki sejauh 200 meter, Anda akan menemui Pantai Nguyahan yang berpasir. Di tepi pantai Gunung Kidul ini, Anda bisa menemukan beberapa warung makan yang menyuguhkan makanan tradisional masyarakat setempat. Salah satu menunya cukup menantang nyali, yaitu landak laut goreng. Namun jangan khawatir karena masakan ini terbilang lezat dan tentu saja aman untuk dikonsumsi.

Berbeda dengan Pantai Ngobaran, Pantai Nguyahan memiliki pantai yang berpasir. Sehingga Anda bisa berenang sebentar di pantai ini. Namun disarankan agar Anda tidak terlalu jauh dari bibir pantai, karena kedua pantai ini berhadapan langsung dengan samudera Hindia. Sehingga ombaknya cukup kuat dan besar. Pantai Nguyahan terbentang cukup panjang, sehingga Anda bisa berjalan-jalan dan menjelajah pantai ini. Di sisi timur pantai, Anda akan menemukan tebing yang menjulang tinggi. Di puncak tebing akan terlihat bangunan-bangunan ibadah di antara pepohonan. Ya, itu bangunan ibadah yang ada di Pantai Ngobaran.

Disarankan agar Anda mengunjungi kedua pantai ini pada sore hari. Karena pemandangan sunset-nya sangat mengagumkan. Di Pantai Nguyahan ini Anda juga bisa mendirikan tenda untuk bermalam. Sehingga Anda bisa dengan puas menikmati keindahan Pantai Ngobaran dan Pantai Nguyahan keesokan harinya.

Belum puas berenang, Anda bisa mampir ke Pantai Ngrenehan dan Pantai Drini yang tak jauh letaknya. Yaitu sekitar 2-5 kilometer, atau 15-45 menit perjalanan.

Lokasi

Pantai Ngobaran dan Pantai Nguyahan terletak di Desa Kanigoro, Kecamatan Saptosari, Gunung Kidul, Yogyakarta. Sekitar 65 Kilometer sebelah Tenggara Kota Yogyakarta. Dengan lama perjalanan sekitar 2 jam dari Kota Yogyakarta.

Harga Tiket Masuk

Tiket masuk ke kedua pantai ini terbilang murah, yaitu sekitar Rp. 10.000 per orang.

Akses

Akses untuk mencapai kedua pantai Gunung Kidul ini relatif mudah, karena masih berada pada jalur ke Pantai Siung. Sudah ada petunjuk jalan yang dibuat penduduk setempat menuju ke Pantai Ngobaran dan Pantai Nguyahan. Namun ketika akan sampai di lokasi pantai, jalan menjadi relatif kecil dan rusak. Disamping itu, belum tersedia angkutan umum menuju ke kedua pantai tersebut.

Akomodasi dan Fasilitas

Fasilitas-fasilitas di Pantai Ngobaran dan Pantai Nguyahan masih sangat terbatas. Belum ada penginapan di sekitar wilayah pantai. Warung-warung yang ada juga berupa warung tradisional. Disarankan agar Anda membawa bekal sendiri. Namun tersedia fasilitas berupa lahan parkir, kamar mandi dan toilet, serta tempat ibadah.

 

Sumber: wisata.javaindonesia.org



Pariwisatapariwisata lainnya

Pulau Semak Daun, Nuansa Menyepi di Utara Jakata Pulau

access_time02 Desember 2016 10:04:43 folder_open 1.145

6 Spot Instagramable di Semarang yang Harus Dikunjungi

access_time03 Desember 2018 10:55:50 folder_open 35

Air Terjun Curug Cikaso

access_time21 November 2016 14:05:27 folder_open 1.347

Kulinerkuliner lainnya

Nasi Jamblang khas Cirebon

Nasi Jamblang khas Cirebon

access_time 06 November 2016 05:22:28 folder_open 1.236
Pedasnya Ayam Gepuk Pa Gembus

Pedasnya Ayam Gepuk Pa Gembus

access_time 19 Maret 2018 01:45:15 folder_open 339
10 Makanan Khas Cianjur Terkenal Paling Enak dan Oleh-oleh Pilihan

10 Makanan Khas Cianjur Terkenal Paling Enak dan Oleh-oleh Pilihan

access_time 27 November 2018 14:34:53 folder_open 37




Login disini untuk memberikan komentar

 

comment0 Responses
  1. Belum ada komentar

menu
menu