Home / Wondeful Indonesia / Kuliner Nusantara / Nasi Jamblang khas Cirebon

Nasi Jamblang khas Cirebon


Nasi Jamblang khas Cirebon

Cirebon - Kalau sedang singgah ke Cirebon, jangan lupa untuk mencoba nasi jamblang. Salah satu rumah makan rekomendasi adalah Nasi Jamblang Mang Dul yang tidak jauh dari Grage Mall, tepatnya di Jl. Dr. Cipto Mangunkusumo No. 8. Saking enaknya, Anda perlu antre dulu sebelum dapat mencicipi kenikmatannya, karena memang di jam tertentu, tempat ini sangat diminati oleh pengunjung, namun Anda tidak perlu khawatir, pelayanannya sangat cepat, jadi perut pun tidak perlu menunggu lama untuk menikmatinya.

Nasi jamblang sendiri merupakan kuliner lokal khas Cirebon yang juga masuk dalam 30 Ikon Kuliner Tradisional Indonesia atau IKTI. Ciri khas nasi jamblang terlihat dari penggunaan daun jati sebagai alas piring. Selain terlihat unik, konon kabarnya juga membuat wangi yang lebih sedap.

Sabarlah mengantre hingga giliran tiba, karena memang lauk-pauk di tempat makan ini, pengunjung bisa memilah-milih lauknya sendiri, sehingga ada beberapa pengunjung yang agak lama dalam mengambil makanan, karena memang lauk-pauknya sangat bervariatif. Terlihat berbagai pilihan lauk pauk yang dijejerkan dalam barisan mangkuk berukuran besar. Pelayan restoran pun sigap menaruh daun jamblang di atas piring, disusul dengan pertanyaan mau memesan nasi berapa.

Nasi jamblang sendiri tidak jauh beda dengan nasi kucing untuk ukuran nasi, seporsi nasinya sama kecilnya. Kalau Anda suka makan, pesan dua nasi adalah ukuran yang paling normal di sini. Setelah mendapat nasi, kita bebas memilih mau mengambil lauk apa, namun lauk apapun yang Anda ambil nanti, Anda pasti bakal ketagihan.

Selesai makan, sudah menanti kasir yang siap menghitung pesanan Anda. Diharapkan Anda jangan lupa ya tadi mengambil lauk apa.. Metode makan nasi jamblang pada umumnya adalah pilih lauk, makan dulu, baru bayar belakangan. Untuk minum, cukuplah segelas es teh manis yang tentunya menyegarkan.

Tantangan berikutnya adalah mencari tempat duduk pada jam makan siang yang cukup ramai. Setelah dapat tempat duduk, nasi jamblang pun dapat segera disantap. Urusan nasi rasanya memang biasa, tapi soal kenikmatan lauknya jangan ditanya. Dahsyat!

Kenikmatan menyantap nasi jamblang pun makin terasa dengan sendokan sambal merah yang dapat diminta saat awal memesan. Rasa sambalnya pun tidak pedas, namun makin menambah nikmat sensasi menyantap nasi jamblang.

Soal harga per lauk-pauk pun cukup terjangkau, berkisar Rp. 1.000 s/d Rp. 10.000. Tapi kalau Anda kalap memesan lauk ya jatuhnya bisa mahal juga. Kalau mampir ke Cirebon lagi, Nasi Jamblang Mang Dul jangan sampai ketinggalan ya.



Pariwisatapariwisata lainnya

Pulau Semak Daun, Nuansa Menyepi di Utara Jakata Pulau

access_time02 Desember 2016 10:04:43 folder_open 1.106

Obyek Wisata Kawah Gunung Tangkuban Perahu

access_time14 November 2016 19:30:44 folder_open 627

Indahnya Gumuk Parangkusumo, Padang Pasirnya Kota Yogyakarta

access_time03 Februari 2017 15:50:30 folder_open 1.030

Kulinerkuliner lainnya

Lumpia Semarang Jajanan Khas dari Semarang, Jawa tengah

Lumpia Semarang Jajanan Khas dari Semarang, Jawa tengah

access_time 07 November 2016 19:38:07 folder_open 1.972
Wisata Kuliner di Cirebon

Wisata Kuliner di Cirebon

access_time 06 Agustus 2018 12:56:25 folder_open 84
Pedasnya Ayam Gepuk Pa Gembus

Pedasnya Ayam Gepuk Pa Gembus

access_time 19 Maret 2018 01:45:15 folder_open 273




Login disini untuk memberikan komentar

 

comment0 Responses
  1. Belum ada komentar

menu
menu