Home / Wondeful Indonesia / Pariwisata / Menikmati Pantai Parangtritis Yogyakarta

Menikmati Pantai Parangtritis Yogyakarta


Menikmati Pantai Parangtritis Yogyakarta

Obyek wisata pantai Parangtritis terletak di Desa Parangtritis, Kecamatan Kretek, Kabupaten Bantul. Obyek wisata ini berjarak sekitar 27 km dari Kota Yogyakarta. Untuk dapat mencapai lokasi ini, wisatawan dapat menempuhnya melalui dua jalur. Jalur pertama melalui Kretek dan jalur kedua melalui Imogiri dan Siluk. Lokasi ini dapat dengan mudah untuk dicapai dengan menggunakan transportasi umum yang beroperasi hingga pukul 17.00 ataupun kendaraan pribadi. Sore menjelang matahari terbenam adalah saat terbaik untuk mengunjungi pantai paling terkenal di Yogyakarta. Namun bila wisatawan sudah berada di pantai pada pagi atau siang hari, tidak ada salahnya untuk naik ke dataran tinggi Gembirawati yang terletak di belakang pantai, sembari menunggu pemandangan indahnya matahari terbenam di pantai Parangtritis. Sesampai di puncak, wisatawan  bisa melihat seluruh area Pantai Parangtritis dan laut selatan.

Obyek Wisata

Wisatawan dapat menikmati keindahan Pantai Parangtritis ini dengan berjalan kaki menyusuri pantai. Wisatawan juga bisa menikmati perjalanan menyusuri pantai dengan menyewa bendi ataupun kuda. Bendi akan membawa Wisatawan ke ujung timur Pantai Parangtritis dimana tempat gugusan karang begitu indah berada, sehingga tempat ini sering dijadikan spot pemotretan foto pre-wedding. Selain pantai Parangtritis, obyek wisata yang dapat dikunjungi oleh wisatawan di kawasan ini, di antaranya Parang Wedang, Pantai Parang Kusumo, Dataran Tinggi Gembirowati, Gua Langse, dan Makam Syeh Bela Belu.

Parang Wedang

Merupakan sumber mata air panas mineral yang tidak pernah kering sepanjang tahun. Konon air di pemandian ini dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit diantaranya penyakit kulit, karena air dari pemandian tersebut mengandung belerang yang berasal dari pengunungan di lokasi tersebut.

Pantai Parang Kusumo

Merupakan tempat yang paling sakral di kawasan Parangtritis. Tempat ini dianggap sebagai tempat pertemuan raja-raja yang memerintah Kerajaan Yogyakarta dengan Kanjeng Ratu Kidul. Pertemuan ini terjadi di sebuah batu yang bernama Watu Gilang.

Dataran Tinggi Gembirowati

Merupakan tempat yang memiliki pemandangan indah untuk melihat kawasan Pantai Parangtritis dan laut lepas. Dataran tinggi ini dapat dicapai dengan menyusuri jalan dari Parangtritis ke arah Panggang dan Gua Langse.

Gua langse

Merupakan tempat untuk bertapa. Gua ini berupa lorong di bawah batu karang. Mulut Gua Langse menghadap ke laut lepas. Pada saat air laut pasang, mulut gua tertutup air laut. Oleh karena itu, jika wisatawan ingin mencoba masuk ke gua ini, disarankan pada saat air laut surut.

Makam Syeh Bela Belu

Berada di Bukit Pemancingan. Makam ini dikunjungi oleh banyak peziarah, terutama pada hari Selasa dan Jumat Kliwon karena dianggap sebagai makam keramat.

Tiket Masuk

Harga Tiket Masuk - Rp. 5.000 per orang
Harga Tiket Mobil - Rp. 5.000 per mobil
Harga Tiket Masuk Sepeda Motor - Rp. 2.000 per motor
Tarif Sewa ATV - Rp. 50.000 tiap 15 menit pemakaian.
Tarif Kereta Kuda - Rp. 20.000 untuk satu kali putaran

Akomodasi dan Fasilitas

Objek wisata ini sudah dikelola oleh pihak pemda Bantul dengan cukup baik, mulai dari fasilitas dan akomodasi penginapan maupun pasar yang menjajakan souvenir khas parangtritis. Beberapa hotel dekat pantai ini yaitu :

Adinda Beach Hotel
Villa Alcheringa
Hotel Tembi Rumah Budaya

 

Sumber: wisata.javaindonesia.org



Pariwisatapariwisata lainnya

Tempat Wisata Kebun Durian Warso Farm Bogor

access_time25 November 2018 00:18:55 folder_open 57

6 Spot Instagramable di Semarang yang Harus Dikunjungi

access_time03 Desember 2018 10:55:50 folder_open 35

Pesona Wisata Air Terjun Sri Gethuk

access_time17 Januari 2017 14:30:03 folder_open 1.981

Kulinerkuliner lainnya

Wisata Kuliner Puncak Bogor Cipanas

Wisata Kuliner Puncak Bogor Cipanas

access_time 16 November 2016 09:12:29 folder_open 3.595
Pilihan Oleh-oleh yang Bisa Anda Bawa dari Cirebon

Pilihan Oleh-oleh yang Bisa Anda Bawa dari Cirebon

access_time 08 September 2017 10:25:47 folder_open 333
Wisata Kuliner di Cirebon

Wisata Kuliner di Cirebon

access_time 06 Agustus 2018 12:56:25 folder_open 142




Login disini untuk memberikan komentar

 

comment0 Responses
  1. Belum ada komentar

menu
menu