Home / Wondeful Indonesia / Kuliner Nusantara / Empal Gentong Cirebon Apud VS Amarta, Mana yang Lebih Enak?

Empal Gentong Cirebon Apud VS Amarta, Mana yang Lebih Enak?


Empal Gentong Cirebon Apud VS Amarta, Mana yang Lebih Enak?

Cirebon - Cirebon kini semakin dilirik sebagai destinasi wisata alternatif di Jawa Barat, karena Bandung makin penuh. Kota Udang ini terkenal dengan kuliner Empal Gentong. Yang sedang hits adalah Apud dan Amarta.

Empal Gentong adalah soto gule daging khas Cirebon yang dimasak dalam gentong besar dari tanah liat dan apinya dari kayu bakar. Ada dua jenis empal yaitu Empal Gentong yang berkuah santan dan bertabur kucai, serta Empal Asem yang berkuah bening dan citarasa asam dari belimbing wuluh.

Wisatawan yang ingin berburu kuliner ini, bisa pergi ke daerah Plered di Kabupaten Cirebon. Ada belasan bahkan puluhan lapak Empal Gentong dari Jl Juanda, Battembat sampai ke Plered dan sampai ke Desa Megu. Ini adalah jalan raya dari Cirebon ke Bandung. Battembat disebut sebagai tempat kelahiran Empal Gentong.

Namun, yang sekarang sedang hits adalah Empal Gentong Amarta dan Empal Gentong Apud. Kedua tempat kuliner ini bersebelahan di Jl Juanda, Desa Battembat, Tengah Tani. Persaingan mereka sudah macam pilpres saja ibarat Prabowo bersaing dengan Jokowi.

detikTravel datang ke tempat ini pekan lalu, beberapa hari setelah Lebaran. Suasananya macet! Di pinggir jalan penuh mobil berplat B atau D, para traveler yang mudik ke Cirebon dan tentu kangen makan Empal Gentong.

Melirik ruang makan Apud dan Amarta pun sudah penuh sesak. Orang sampai berdiri untuk menunggu meja kosong, bahkan banyak keluarga berbagi meja makan dengan keluarga lainnya. Sebenarnya, siapa yang Empal Gentongnya lebih enak? Saya pun bertanya dengan seorang pengunjung yang asli Cirebon.

"Sebenarnya yang paling legendaris buat orang Cirebon asli itu Empal Gentong Mang Darma di daerah Krucuk samping Bank BTN. Cuma Apud dan Amarta sekarang populer. Mana yang paling enak, itu bergantung selera orang," ujar Budi, seorang pengunjung yang asli Cirebon.

Karena Amarta sangat penuh, saya pun masuk ke Apud dan masih mendapat meja di paling ujung. Nah sekarang kita bicara menu. Empal bisa dipesan dengan kategori daging, babat, usus atau kikil, tinggal nanti mau dalam versi Empal Gentong atau Empal Asem. Yang khawatir dengan kolesterol, mendingan pesan daging saja. Sedangkan saya pesan dalam dua versi.

Rasanya sedap! Empal Gentong itu gurih dengan bumbu yang meresap, taburan kucai dan bawang goreng menambah citarasa. Sedangkan Empal Asem rasanya segar karena tomat dan belimbing wuluhnya. Saya angkat dua jempol. Sebagai pelengkap, disediakan juga menu Sate Kambing.

Seporsi Empal Gentong atau Empal Asem harganya Rp 18.000. Seporsi sate kambing dengan 10 tusuk harganya Rp 30.000. Untuk variasi minuman ada es kelapa, es jeruk, es teh manis atau aneka teh botol.

Jadi Anda mau pilih mana, Apud atau Amarta? Apud sudah berjualan sejak 1993 dan bisa dibilang yang meramaikan kawasan itu. Sedangkan Amarta mengklaim pihaknya yang menciptakan Empal Asem yang dijual juga oleh Apud.

Sebagai orang asli Cirebon, saya malah punya pendapat lain. Selain juga Mang Darma di Krucuk yang legendaris, warung-warung Empal Gentong lain mungkin malah lebih nendang rasanya. Kenapa?

Empal Gentong yang tradisional, dagingnya diambil dari dalam gentongnya sehingga dalam kondisi panas dan bumbunya masih fresh meresap di daging. Sedangkan Apud dan Amarta, karena alasan efisiensi waktu dalam melayani ratusan pembeli, dagingnya sudah disiapkan terpisah nantinya baru disiram kuah. Itu yang menurut saya membuat bumbunya kuat di kuah, tapi kurang menempel di daging.

Apud, Amarta, Darma atau aneka warung-warung Empal Gentong di Cirebon pasti punya penggemarnya sendiri. Biar puas, rasanya para traveler perlu mencoba semua. Satu hal yang pasti, Cirebon adalah destinasi wisata kuliner yang mantap!

 

Sumber: travel.detik.com



Pariwisatapariwisata lainnya

Wisata Eksotis di Green Canyon

access_time17 November 2016 12:56:24 folder_open 1.213

Manjakan Mata Dengan Wisata Gunung Api Purba Nglanggeran Yang Mempesona

access_time05 Januari 2017 14:03:02 folder_open 2.300

Kepulauan Raja Ampat Objek Wisata Menarik di Papua

access_time08 November 2016 03:27:46 folder_open 1.444

Kulinerkuliner lainnya

Coba Nih, Sensasi Nasi Goreng Durian

Coba Nih, Sensasi Nasi Goreng Durian

access_time 05 Agustus 2017 22:43:51 folder_open 396
Wisata Kuliner Puncak Bogor Cipanas

Wisata Kuliner Puncak Bogor Cipanas

access_time 16 November 2016 09:12:29 folder_open 3.331
Pilihan Oleh-oleh yang Bisa Anda Bawa dari Cirebon

Pilihan Oleh-oleh yang Bisa Anda Bawa dari Cirebon

access_time 08 September 2017 10:25:47 folder_open 259




Login disini untuk memberikan komentar

 

comment0 Responses
  1. Belum ada komentar

menu
menu