Home / Wondeful Indonesia / Kuliner Nusantara / Wisata Kuliner di Cirebon

Wisata Kuliner di Cirebon


Wisata Kuliner di Cirebon

Wisata kuliner di Cirebon tak kalah menyenangkan jika dibanding dengan kota pariwisata lainnya. Ada banyak pilihan makanan yang menggoda lidah. Selain rasanya yang enak, harganya juga bisa dibilang terjangkau. Di samping itu, wisatawan pun bisa mencari makanan enak usai mengunjungi tempat-tempat menarik di sana.

Kuliner di Cirebon memang bervariasi. Ada yang buka pada pagi hari saja, siang hari saja, malam hari saja, dan bahkan siang-malam. Kamu bisa memilih mana yang kamu inginkan.

Berikut 10 wisata kuliner Cirebon terbaru yang bisa jadi pilihan.

1. Nasi Jamblang

Nasi Jamblang merupakan makanan khas Cirebon yang terkenal. Menu ini berupa nasi dengan beragam ikan, baik itu cumi-cumi hitam, gorengan otak sapi, kentang yang disate, telur asin yang dipepes, serta lauk lainnya. Alas makannya adalah daun jati sehingga menghasilkan aroma yang khas banget dan menggoda lidah.

Salah satu rumah makan yang menyediakan menu ini adalah Nasi Jamblang Ibu Nur. Warung ini terletak di Jl. Cangkring II dan selalu ramai dikunjungi. Harganya mulai dari seribu rupiah hingga tiga puluh ribu rupiah. Rumah makan ini buka dari pukul tujuh pagi, hingga pukul tujuh malam.

Bagi kamu yang ingin melakukan kuliner pagi di Cirebon, rumah makan ini bisa jadi pilihan. Sarapan pasti jadi nikmat banget kalau makan nasi jamblang.

2. Nasi Lengko

Nasi lengko juga merupakan makanan khas Cirebon. Ciri utamanya terletak pada daun kucai yang ada di atas nasi. Belum lagi kalau ditambah dengan kecap lokal yang khas banget. Dijamin rasanya bakalan beda dengan nasi lengko serupa di kota lain.

Selain nasi dan kucai, menu khas Cirebon ini juga dilengkapi dengan potongan gorengan tahu, tempe dan timun. Rasa makanan ini kian nikmat kalau sudah ditambah sambal kacang dan kerupuk.

Salah satu nasi lengko kenamaan di Cirebon adalah Nasi Lengko Haji Barno yang beralamat di Jl. Pagongan nomor 15b. Ada juga di Jl. Dr. Cipto Mangunkusumo. Harga per porsinya sekitar sepuluh ribu rupiah.

Bisa juga loh, ditambah sate kambing sebagai lauknya. Untuk sate kambing harganya sekitar tiga puluh ribu rupiah per sepuluh tusuk. Murah, kan? Hm… Jadi pengen makan.

3. Empal Gentong

Bagi kamu yang sedang ingin makan empal gentong khas Cirebon, kamu bisa mengunjungi rumah makan yang menjual Empal Gentong. Makanan yang terdiri dari daging empuk dan kuah khusus ini sudah terkenal banget. Rugi kalau sampai kamu tidak mencicipinya.

Tempat makan di Cirebon yang menyajikan menu ini adalah Empal Gentong Haji Apud. Alamatnya di Jl. Raya Ir. H. Juanda 24 Battembat. Untuk harga perporsinya masih masuk dalam kategori murah. Cuma enam belas ribu rupiah saja kamu bisa menikmati salah satu kuliner enak ini.

4. Bubur Toha

Bubur toha adalah salah satu tempat makan di Cirebon yang terkenal. Menyediakan beragam jenis bubur, yakni bubur ayam, kacang hijau, dan ketam hitam. Karena bubur ini buka dua puluh empat jam, kamu yang kelaparan pas tengah malam bisa berwisata kuliner ke sini.

Bubur Toha ini termasuk kuliner murah di Cirebon, loh. Soalnya harga seporsinya untuk bubur ayam cuma enam ribu rupiah saja. Sedangkan bubur kacang hijau dan bubur ketannya hanya tiga ribu rupiah saja. Murah banget, kan?

5. Mie Koclok

Bagi kamu yang ingin wisata kuliner siang di Cirebon, Mie Koclok ini bisa jadi pilihan. Mie dengan kuah santan dan diberi topping suwiran ayam, telur, toge serta topping lainnya ini cocok banget buat makan siang. Harganya pun terjangkau. Cuma tiga belas ribu rupiah saja per porsinya.

Salah satu rumah makan yang menyediakan mie kenamaan ini adalah Mie Koclok Jatimerta. Rumah makan ini terletak di Jl. Kartini dan buka dari pukul dua belas siang hingga pukul sepuluh malam.

6. Gado-gado Ayam

Gado-gado ayam ini merupakan mix dari tahu, emping, lontong, timun, kerupuk, suwiran ayam, kuah soto kuning dan saus kacang. Semua dicampur jadi satu. Memang kalau melihat campurannya itu, kening pasti berkerut dan batin pun jadi ragu. Tetapi, jika kamu sudah mencoba sajian ini, kamu pasti akan ketagihan. Rasanya gurih dan enak.

Salah satu rumah makan yang menyediakan menu ini adalah Gado-gado Ayam Mang Djum. Lokasinya terletak di Jl. Pulasaren nomor 53. Mereka buka dari pukul enam pagi hingga pukul setengah empat sore. Untuk harga, terjangkau banget. Hanya lima belas ribu rupiah per porsinya.

7. Sate Kerbau

Kebanyakan bahan utama membuat sate adalah daging ayam atau daging sapi. Tapi di Cirebon ada loh, yang menjual sate dari daging kerbau. Biasanya sate ini dijual pada malam hari. Seringnya sate ini disebut sate kalong karena kebiasaan penjualnya yang baru berjualan pada malam hari alias ngalong. Karena itulah sate ini termasuk kuliner malam khas Cirebon.

Sama seperti sate lainnya, sate kerbau ini pun diberi lontong dan bumbu kacang. Namun, yang menjadi ciri khas dari penjual sate ini adalah bunyi krincing yang mereka bunyikan.

Sate Kalong yang ternama biasanya berjualan di dekat pasar Kanoman. Untuk seporsi sate yang terdiri dari dua puluh tusuk ini dihargai sebesar delapan belas ribu rupiah. Buka biasanya dari pukul enam malam dan tutup setelah semua porsi habis terjual.

8. Tahu Gejrot

Tahu gejrot merupakan salah satu sajian kuliner kenamaan di Cirebon. Bahan utamanya adalah tahu yang digoreng hambar alias tanpa bumbu. Setelah masak, tahu ini dipotong-potong. Kemudian beri bumbu mentah yang membuat rasa tahu ini jadi unik. Campuran rasa asam, manis, pedas yang ditawarkan memang bisa bikin ketagihan.

Kalau kamu berkunjung ke pasar Kanoman, kamu bisa membeli tahu ini pada salah satu penjualnya. Penjual yang paling terkenal di pasar itu adalah Tahu Gejrot Wardi. Harganya pun murah. Hanya lima ribu rupiah hingga sepuluh ribu rupiah saja seporsinya.

9. Ayam Goreng

Ayam goreng memang ada di mana-mana. Namun saat kamu ke Cirebon dan ingin mencicipi ayam goreng yang nikmat, rumah makan Ayam Goreng Bahagia 71 bisa jadi pilihan loh. Rasa ayamnya yang gurih dijamin bikin pecinta ayam goreng ketagihan. Harganya juga terjangkau dan bervariasi, mulai dari empat ribu lima ratus rupiah hingga dua puluh ribu.

Rumah makan ini terletak di Jl. Bahagia nomor 69 – 71 Lemahwungkuk. Untuk jadwal bukanya, mereka buka dari pukul tujuh pagi hingga sebelas malam.

10. Dimsum

Dimsum memang bukan khasnya Cirebon. Namun, jika kamu memang pecinta makanan khas negeri Cina, kamu bisa memilih sajian ini tanpa perlu jauh-jauh ke sana.

Salah satu wisata kuliner dimsum yang terkenal di Cirebon adalah Raja Dimsum. Kedai ini menyediakan beragam dimsum. Harganya pun bervariasi tapi cukup bersahabat dengan isi dompet.

 

Sumber: mytrip123.com



Pariwisatapariwisata lainnya

Wisata Air The Jungle Adventure

access_time15 November 2016 13:53:28 folder_open 547

Keindahan Candi Prambanan

access_time27 Desember 2016 14:04:32 folder_open 1.235

Obyek Wisata Gunung Salak

access_time26 Oktober 2016 13:34:58 folder_open 833

Kulinerkuliner lainnya

Wisata Kuliner Puncak Bogor Cipanas

Wisata Kuliner Puncak Bogor Cipanas

access_time 16 November 2016 09:12:29 folder_open 3.364
Nasi Jamblang khas Cirebon

Nasi Jamblang khas Cirebon

access_time 06 November 2016 05:22:28 folder_open 1.169
Lumpia Semarang Jajanan Khas dari Semarang, Jawa tengah

Lumpia Semarang Jajanan Khas dari Semarang, Jawa tengah

access_time 07 November 2016 19:38:07 folder_open 1.910




Login disini untuk memberikan komentar

 

comment0 Responses
  1. Belum ada komentar

menu
menu